Rumah Batu Olak Jambi

0 285

Lokasi Rumah Batu Olak

Rumah Batu Olak Kemang di Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi (Sekoja), Kota Jambi, kini terkesan tak terawat.

Rumah Batu Olak

Bangunan berlantai dua ini merupakan cagar budaya Kota Jambi, peninggalan seorang penyebar agama Islam di Sekoja pada abad ke-18, Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri, atau yang dijuluki Pangeran Wiro Kusumo. Ketika akan membangun Rumah Batu tersebut, Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri mendapat banyak saran dari rekan-rekannya. Salah satunya Datuk Sintai, seorang pedagang dari negeri Cina.

Lewat tangan Datuk Sintai rumah yang kini menjadi cagar budaya kebanggaan Jambi itu berdiri. Keunikan Rumah Batu terdiri dari dua lantai, mempunyai arsitektur perpaduan lokal, Cina, Arab dan Eropa. Unsur lokal berupa rumah panggung. Pengaruh Cina pada bentuk atap, gapura dan ornamen-ornamen berbentuk naga, awan, bunga dan arca singa.

Di pilar bagian dalam tampak relief bertuliskan huruf-huruf arab, sedangkan unsur Eropa terlihat dari tiang-tiang panggung yang terbuat dari bahan bata dan semen berbentuk pilar menyangga bangunan di atasnya.

Pada lantai bawah dilapisi ubin terakota sedangkan pada lantai kedua berupa papan kayu. Kedua lantai ini dihubungkan dengan tangga semen seperti layaknya tangga rumah bertingkat yang banyak dipakai pada bangunan Indis.

Rumah yang oleh masyarakat Sekoja dikenal sebagai Rumah Batu Olak Kemang ini telah terdaftar di Kantor Pariwisata Jambi sebagai tempat wisata.

Namun sayangnya, bangunan tua itu tergerus dimakan alam, seperti hujan, panas, dan angin yang mengikis hampir seluruh dinding bangunan. Lumut dan tanaman pakis tumbuh menempel di sela-sela retakan bangunan sehingga tampak merana.

Lelapukan kayu dan lumutan pada sisi dinding hingga ke lantai atas. Sebagian atap sudah mulai tampak lepas termakan oleh waktu.

Source Rumah Batu Olak Jambi Jambi
Comments
Loading...