Rumah Bapak Yudin Niode Gorontalo

0 58

Rumah Bapak Yudin Niode

Bangunan yang terletak di Desa Popodu, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, dari hasil wawancara bahwa rumah ini dibangun pada tahun 1800-an oleh pemerintah kolonial Belanda. Bangunan rumah terbuat dari bahan permanen dan ini merupakan bangunan pertama yang terbuat tersusun atas bahan permanen tersebut.

Bangunan memiliki luas 115 m² terdiri atas teras, ruang tamu, ruang tengah, dengan 4 ruang berupa kamar, 2 kamar di bangian depan dan 2 kamar di bagian belakang. Data tentang bangunan diperkuat dengan adanya dokumen yang dikeluarkan oleh Assistent Resident van Gorontalo yang kutipannya sebagai berikut “DE ASSISTENT RESIDENT VAN GORONTALO te benoemen tot kamponghoofd van Taloemopatoe, van het distric gorontalo, onderafdeeling van dien naam: Gani Koloekoe, wd kamponghoofd aldaar, onder aanteekening dat deze benoeming wordt gerekend te zijn ingegaan op 15 November 1913 “.

Gani Koloekoe ditunjuk sebagai kepala kampung Taloemopatoe, Tapa, Kabupaten Gorontalo terhitung tanggal 15 November 1913. Bapak Gani Kaloekoe beliau adalah kakek “opa” dari Yudin. Singkat cerita dulu bangunan tersebut fungsikan untuk pertemuan para pembesar Belanda dengan tokoh pribumi, sehingga tidak heran bila disekitar bangunan juga pernah ditemukan botol minuman/anggur bahan keramik berjenis stoneware, yang pada botol tersebut terdapat inskripsi “Hulstkamp & Zoon & Molyn Rotterdam“.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/pertama-kali-rumah-kuna-di-tapa-gorontalo-di-daftarkan-sebagai-cagar-budaya-oleh-pemiliknya/
Comments
Loading...