situsbudaya.id

Rumah Arleus Sakukuret Sumatera Barat

0 22

Lokasi Rumah Arleus Sakukuret

Rumah Arleus Sakukuret terletak di Muara Siberut, Mentawai, Sumatera Barat.

Rumah Arleus Sakukuret

Rumah Arleus Sakukuret ini dibangun sekitar tahun 1970. Sakukuret adalah nama suku yang berasal dari daerah Sarereket. Daerah Sarereket merupakan daerah yang berasal dari daerah Siberut Hulu Pada awalnya rumah ini ditinggali setidaknya oleh 10 keluarga. Sekarang rumah ini ditinggali oleh dua keluarga. Meskipun demikian, keluarga dari suku Sakukuret masih berkumpul setidaknya tiga hari sekali.

Kebijakan dari pemerintah pada tahun 1960 menyebabkan masyarakat di Pulau Siberut banyak keluar dari daerah pedalaman. Waktu itu terdapat kebijakan yang mengharuskan orang Mentawai untuk pindah dari rumah adat ke pemukiman yang telah dibuat oleh pemerintah daerah Sumatera Barat. Rumah ini dibangun tepat ketika masyarakat dari pedalaman membuka lahan di Desa Munte pada awal tahun 1970. Meskipun demikian, banyak masyarakat Mentawai yang tetap membangun rumah adat (uma) di lahan baru tersebut. Rumah ini sekarang ditinggali dan dikelola oleh keluarga Arleus.

Rumah ini merupakan rumah yang masih difungsikan sebagai uma. Di sini masih diadakan aktivitas-aktivitas adat seperti menyelesaikan sengketa adat, membagi hasil buruan. Dalam membangun rumah ini, terlebih dahulu dilakukan upacara adat. Rumah ini berdenah persegi panjang dengan ukuran panjang 27,64 m dan lebar 10,31 m. Orientasi hadap rumah mengarah ke utara (jalan raya Munte). Bangunan berupa panggung dengan kolong-kolong di bawahnya. Tiang-tiang penyangganya terbuat dari kayu dengan pondasi dari coran semen berbentuk persegi.

Rumah ini didirikan di atas lahan yang kurang rata sehingga tinggi tiang-tiang kayu bervariasi antara 40 cm-80 cm. Kolong-kolong rumah tersebut juga berfungsi sebagai tempat menyimpan kayu bakar dan hewan ternak babi. Tangga utama naik terletak di bagian depan dan terbuat dari batu yang dibentuk persegi. Lantai rumah terbuat dari susunan bilah kayu yang disusun dengan rapat dan memiliki ketinggian 90 cm dari permukaan tanah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/12/07/uma-aeleus-sakukuret-di-muara-siberut-mentawai/
Comments
Loading...