Rumah Adat Tolo Sulawesi Selatan

0 104

Lokasi Rumah Adat Tolo

Rumah adat saat ini terletak di dalam ibukota Kelurahan Tolo, secara administratif berada di jalan poros Malakaji – Bontosunggu Kampung Mataere Kelurahan Tolo Kecamatan Kelara, Sulawesi Selatan.

Rumah Adat Tolo

Rumah Adat Tolo menunjukkan bahwa wilayah ini sejak dahulu merupakan pusat pemerintahan dan pusat kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Rumah adat dibangun pada masa pemerintahan Raja Tolo I Patiara Karaeng Manynyamu pada tahun 1914. Setelah kepindahan pusat Kerajaan Tolo yang awalnya berada di Bonto Lebang, tiang-tiang pendukung rumah adat bentuknya tidak beraturan didirikan di atas tanah dengan umpak batu kali. Jarak tiang juga bervariasi yaitu jarak tiang arah vertikal (utara – selatan) antara 1,62m – 2,67 m dan jarak tiang arah horisontal (timur-barat) antara 2,82 m- 3,39 m.

Dengan demikian ukuran bangunan pada bagian dasar adalah (18,80 X 31,0) m dan tinggi dari permukaan tanah sampai kebubungan rumah 9,54 meter. Bangunannya terdiri dari kaki rumah (siring), badan rumah (kale balla) dan kepala rumah (pattongko). Atap bangunan berbentuk pelana dan bersusun dua (memakai tumpang) dengan bahan atap dari seng. Timpa laja bersusun tiga yang merupakan simbol rumah bangsawan tinggi dengan orientasi rumah menghadap ketimur. Seluruh komponen bangunan termasuk tiang, lantai, dinding dan rangka atap dibuat dari kayu nangka, kayu bitti, kayu ipi, kayu cenrana, kayu amar, batang lontar, batang kelapa dan bambu.

Bahan baku dari rumah adat sebahagian besar didatangkan dari pelosok-pelosok desa disekitar rumah adat serta dari kawasan hutan kerajaan yang letaknya kurang lebih 500 meter kearah timur dari rumah adat Tolo. Bangunan ini menempati areal seluas 49 X 30 meter.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/pendokumentasian-audio-visual-film-cagar-budaya-di-kabupaten-jeneponto-propinsi-sulawesi-selatan/
Comments
Loading...