Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan Lingsar

0 58

Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan Lingsar

Secara administratif Rumah Adat Langgar Tua terletak di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, merupakan desa yang kaya akan hasil alam, baik itu yang berupa hasil pertanian maupun hasil perkebunan. Kehidupan sosial masyarakat Desa Karang Bayan masih sangat kental dengan suasana kekeluargaan dan gotong- royong. Desa Karang Bayan terletak di daerah perbukitan dengan ketinggian sekitar 139 di atas permukaan laut. Wilayah desa ini termasuk desa dengan kondisi alam yang subur, hal ini didukung dengan keberadaan sumber air melimpah yang bersumber di mata air Kayangan dan Pancor Ancak.

Kondisi tanah Desa Karang Bayan memiliki tekstur halus-sedang dengan warna coklat tua, dengan batuan dasar merupakan hasil aktivitas piroklastik Gunung Rinjani yang terdiri dari lapisan lahar, breksi tuff dan tuff. Proses geomorfologi yang terjadi di wilayah Desa Karang Bayan sebagian besar merupakan proses pengendapan, transportasi dan sedikit erosi. Menurut Stasiun Klimatologi I Mataram, suhu udara rata-rata di Lingsar dan termasuk di wilayah Desa Karang Bayan berkisar 23,910C sampai dengan 31,940C.

Kelembaban udara rata-rata bervariasi antara 79% sampai dengan 85%. Curah hujan tertinggi tercatat pada bulan September sebesar 489 mm dan hari hujan terbanyak tercatat pada bulan Mei sebanyak 24 hari. Sebagai wilayah yang didominasi oleh kondisi lingkungan/wilayah perbukitan Rumah Adat Langgar Tua terletak di posisi yang cukup tinggi dibandingkan dengan rumah-rumah penduduk yang ada di sekitarnya, tepatnya berada tepat di tengah-tengah perkampungan penduduk. Orbitasi untuk mencapai lokasi Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan cukup mudah karena sudah didukung oleh sarana jalan dan transportasi yang bagus. Dari Kota Cakranegara Desa Karang Bayan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dengan mempergunakan kendaraan bermotor, sedangkan bila dari pusat pemerintahan desa tepatnya dari balai desa Rumah Adat Langgar Tua berjarak sekitar 2 km.

Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan Lingsar adalah rumah tempat para tetua adat Desa Karang Bayan dan juga merupakan tempat untuk menyimpan benda-benda pusaka yang disakralkan serta tempat untuk menyimpan peralatan untuk keperluan ritual keagamaan yang dilaksankan oleh masyarakat Desa Karang Bayan. Selain itu Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan merupakan tempat untuk melaksanakan pertemuan-pertemua antara masyarakat dan tokoh-tokoh adat untuk membahas masalah adat. Bentuk, fungsi serta material bangunan Rumah Adat Langgar Tua Karang Bayan ini tetap eksis dan konsisten sejak masa lalu hingga sekarang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/rumah-adat-langgar-tua-karang-bayan-lingsar/
Comments
Loading...