Rumah Adat Khas Mamuju

0 99

Rumah Adat Khas Mamuju

Salah satu lokasi yang tak boleh kita lewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Barat adalah rumah adat Mamuju. Lokasinya berada di Jl. KS Tabun, atau lebih tepatnya berada di pusat Kabupaten Mamuju. Bangunan ini bahkan menjadi salah satu lokasi tujuan yang diincar oleh wisatawan dan termasuk satu dari banyak lokasi tujuan wisata di daerah itu sendiri.

Lokasi rumah adat Mamuju ini sendiri tepat di depan kantor pengadilan agama. Suasana disana cenderung tenang dan jauh dari hiruk-pikuk. Bangunan ini tampak menarik karena terbuat dari kayu pilihan. Oleh karena itu, tentu saja bagian yang satu ini sering kali membuat banyak orang merasa penasaran dari arsitektur dan tatanannya, sehingga tampak menarik.

Rumah adat ini merupakan rumah panggung yang ada di 1 area tak terpisahkan. Ada beberapa komponen yang membentuk rumah ini. Rumah ini memiliki rumah raja atau rumah utama dengan 13 anak tangga. Ada juga masing-masing 1 rumah pengawal, rumah pandai emas dan besi, lumbung padi, dan kandang kuda yang semuanya berbentuk rumah panggung.

Jika tampak dari samping, bangunan ini menunjukkan hiasan ukiran kayu memanjang. Ada 3 jendela di tiap sisinya. Ada juga kayu penyangga yang menancap di tanah dengan tinggi 2 meter. Rumah Joa atau rumah penjaga di kiri rumah adat ini merupakan rumah adat yang tak terlalu besar. Rumah ini berbeda dengan rumah raja, karena tak memiliki ukiran.

Di sisi kanan rumah adat Mamuju, kita juga bisa menemukan rumah adat pandai emas dan besi. Di sana juga ada rumah lumbung padi. Sementara itu, kita bisa menemukan kandang kuda di belakang istana. Sedangkan dibagian dalam ruma adat raja, kita bisa menemukan singgasana raja. Sementara di depannya, ada pilar kayu yang diukir. Di atasnya ada langit-langit dari kayu.

Source https://www.greidsmedia.com https://www.greidsmedia.com/2018/07/rumah-adat-mamuju.html
Comments
Loading...