Rumah Adat dan Patung Manusia Marga Maha di Kabupaten Dairi

0 45

Rumah Adat dan Patung Manusia Marga Maha di Kabupaten Dairi

Rumah Adat dan Patung Manusia Marga Maha berada di Desa Kuta Maha Kecamatan Siempat Neumpu Hulu. Bangunan ini berukuran cukup besar, dengan dinding yang tersusun dari papan-papan yang ditata secara horisontal, pintu dan jendela yang dilengkapi dengan lubang angin berbentuk busur, serta anaktangga dari semen. Atapnya terbuat dari seng dengan bentuk yang masih asli, yaitu bertingkat 2.

Di halaman rumah adat ini terdapat 2 buah patung manusia dalam kondisi yang sudah rusak. Patung I relatif lebih utuh, berupa figur laki-laki dalam sikap duduk. Kedua tangannya ditumpangkan di atas kedua lutut. Bagian wajahnya sudah rusak sehingga ekspresinya tidak sempurna lagi. Patung ini berukuran panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 90 cm. Patung II bagian kepalanya telah hilang. Patung ini digambarkan dalam sikap duduk dengan kedua tangan ditumpangkan di atas lutut. Patung ini berukuran panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi hingga batas leher 65 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/rumah-adat-dan-patung-manusia-marga-maha-di-kabupaten-dairi/
Comments
Loading...