Ruko Bukit Duri Plaza

0 89

Ruko Bukit Duri Plaza

Tak banyak orang yang tahu bangunan ruko yang berjejer di bantaran Kali Ciliwung, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, dahulu bekas penjara Anggota PKI dan Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia).

Gedung tua yang berdiri tepat di pinggir Kali Ciliwung ini sekarang menjadi ruko Bukit Duri Plaza. Gedung ini menyimpan banyak cerita angker yang menyebar dari mulut ke mulut warga.

“Lokasi itu dulu penjara Anggota PKI dan Gerwani, sehingga banyak cerita angker yang terjadi di sana,” kata seorang tetua, Abu Bakar, kepada merahputih.com, Rabu (26/8).

Berdasarkan cerita warga sekitar, dari bangunan ruko di lokasi tersebut sering terdengar suara teriakan perempuan merintih seperti sedang disiksa.

“Seperti suara pekikan perempuan yang sedang disiksa,” kata Abu Bakar.

Tak hanya itu, pada malam hari, warga yang berada tepat di belakang ruko sering mendengar suara seperti orang yang sedang menceburkan diri ke dalam Kali Ciliwung.

“Dulu, memang banyak Anggota PKI melarikan diri lewat Kali Ciliwung. Kita tidak tahu mereka selamat atau mati di kali,” tutur warga yang tinggal di Bukit Duri sejak 60 tahun silam ini.

Lokasi itu juga, kata dia, dekat dengan stasiun kereta api Tebet, kemungkinan tawanan lari dari penjara menuju ke stasiun kemudian melarikan diri.

Jasandi, Ketua RT 05 setempat mengiyakan cerita angker itu. Lokasi ruko Bukit Duri Plaza sebelumnya bekas bekas pemakaman orang Belanda yang kemudian dibangun di atasnya gedung yang sekarang. Dan, pada zaman dulu helikopter penjajah sering jatuh di Kali Ciliwung, tepat di belakang ruko.

“Dulu bekas makam orang Belanda yang sudah rata dengan tanah,” katanya.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/gedung-angker-di-bukit-duri
Comments
Loading...