situsbudaya.id

Relief-relief di Dinding Luar Candi Perwara Plaosan

0 51

Relief-relief di Dinding Luar Candi Perwara Plaosan

Candi Plaosan yang terletak di Desa Bugisan Kabupaten Klaten terdiri dari dua candi utama yang kembar dan dikelilingi oleh Candi Perwara dan Candi Perwara Stupa. Jumlah Candi Perwara adalah 58 sedangkan Perwara Stupa adalah 116. Sebagian Candi Perwara dan Candi Perwara Stupa ini sudah dipugar sehingga kelihatan jelas bentuknya. Beberapa Candi Perwara yang telah dipugar tampak dihias dengan relief-relief. Relief ini dipahatkan di dinding luar Candi Perwara.

Candi Perwara 1 (Selatan)

Dari tiga relief yang seharusnya ada, tinggal satu relief saja yang dipahatkan di dinding luar sisi selatan. Tokoh digambarkan bermahkota Jatamukuta, memakai kalung ganda, kain, ikat pinggang, dan selempang (Upawita). Masing-masing kedua tangannya memegang setangkai bunga teratai.

Candi Perwara 2 (utara)

Tiga relief dipahatkan pada dinding luar candi, masing-masing di sisi selatan, sisi timur, dan sisi utara. Tokoh digambarkan seperti di Candi Perwara Selatan, akan tetapi tangan kirinya memegang teratai, dan tangan kanannya memegang upawitanya di depan perut.

Baik relif-relief yang dipahatkan pada dinding luar candi utama, maupun candi perwarannya, diperkirakan merupakan perwujudan dari Bodhisattwa. Untuk mendiskripsikan secara lebih detail tetang relief ini dapat dilakukan dengan penelitian lebih lanjut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/relief-relief-di-dinding-luar-candi-perwara-plaosan/
Comments
Loading...