Relief di Candi Utama Plaosan

0 82

Relief di Candi Utama Plaosan

Candi Plaosan dikenal masyarakat sebagai candi yang indah. Buktinya banyak wisatawan yang mempergunakan Candi Plaosan sebagai objek fotografinya. Keindahan Candi Plaosan tidak lepas dari keberadaan dua candi utama yang kembar yang dikelilingi oleh candi-candi yang lebih kecil. Kedua Candi Utama ini juga memiliki dua lantai.

Candi Utama Plaosan dapat dilihat kemegahan dan kecantikannya setelah selesai dipugar pada tahun 1998. Pada bagian tubuh luar Candi Utama Plaosan juga tampak relief yang dipahat. Relief yang dipahatkan pada kedua candi utama sama. Pada masing-masing candi utama terdapat 40 panel, 20 panel terdapat di tingkat bawah dan 20 panel terdapat di tingkat atas.

Relief yang mencolok adalah relief yang menggambarkan sebuah tokoh. Tokoh digambarkan dalam sikap berdiri, bermahkota, memakai kain ganda, memakai kelat bahu, memakai perhiasan telinga bentuk ceplok bungga, memakai kain, dan ikat pinggang. Selain relief tokoh, di dinding luar Candi Induk Plaosan juga terdapat relief teratai mekar, terartai berbuah dan teratai lidah api.

Disamping relief-relief yang tersebut diatas, pada dinding luar Candi Induk Plaosan juga dipaharkan relief yang menggambarkan figur wanita dalam sikap berdiri menghadap kearah jendela. Kedua tangannya dalam sikap mempersembahkan setangkai bunga teratai.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/relief-di-candi-utama-plaosan/
Comments
Loading...