Sejarah RSUD Dr. Soetomo Surabaya

0 394

Lokasi RSUD Dr. Soetomo

RSUD ini terletak di Jalan Mayor Jenderal Prof. Dr. Moestopo No. 6-8 Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi RSUD ini terletak di depan gedung Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

RSUD Dr. Soetomo

RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda. Nama awal dari rumah sakit ini adalah Nieuwe Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (NCBZ). Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit ini dilaksanakan pada 29 Oktober 1938 di daerah yang pada waktu itu dikenal dengan Desa Karangmenjangan. Kontraktor yang dipercaya untuk menangani pembangunan rumah sakit ini adalah NV Nedam (Nederlandsche Aannemings Maatschappij). Pengerjaannya memakan waktu satu tahun dan menelan biaya 1.900.000 gulden.

Pada 1943 ketika Jepang menduduki Surabaya, pembangunan rumah sakit Karangmenjangan ini dilanjutkan kembali dan setelah selesai diganti menjadi Rumah Sakit Angkatan Darat (RS AD). Hal ini bertujuan untuk melayani masalah kesehatan pada Tentara Dai Nippon (pasukan Jepang) yang berada di Surabaya.

Pada 1945 rumah sakit ini berhasil dikuasai kembali oleh Belanda, yang kemudian namanya diubah menjadi Marine Hospitaal (RS AL Belanda). Tidak berapa lama, rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Oemoem (RSO) Soerabaja.

RSO Soerabaja yang berada di bawah Departemen Kesehatan RI ini, pada tahun 1950 berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat. Seiring itu pula, secara bertahap Rumah Sakit Simpang yang berada di Jalan Pemuda dipindahkan ke rumah sakit di Karangmenjangan.

Lalu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nomor 26769/KAB/76 tanggal 20 Mei 1964 RSUP Surabaya berubah nama menjadi RS Dr. Soetomo. Setahun kemudian, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 1965 penyelenggaraan RS Dr. Soetomo diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat I Jawa Timur.

Source RSUD Dr. Soetomo Surabaya
Comments
Loading...