Puri Kartika I Bukittinggi

0 12

Puri Kartika I

Bangunan ini dulu merupakan bagian dari asrama militer Sekolah Opsir Militer Divisi IX Banteng yang terkenal dengan nama Asrama Bukit Apit. Bangunan ini berturut-turut pernah menjadi Rumah Sakit Tentara (sebelum pindah ke Jl. Sudirman) dan rumah Danrem Wirabraja. Sekarang bangunan ini dipakai sebagai rumah inap Kodim 0304/Agam. Sekarang berganti nama menjadi Wisma Puri Kartika Bangunan ini dulu merupakan bagian dari asrama militer Sekolah Opsir Militer Divisi IX Banteng yang terkenal dengan nama Asrama Bukit Apit. Bangunan ini berturut-turut pernah menjadi Rumah Sakit Tentara (sebelum pindah ke Jl. Sudirman) dan rumah Danrem Wirabraja. Sekarang bangunan ini dipakai sebagai rumah inap Kodim 0304/Agam. Sekarang berganti nama menjadi Wisma Puri Kartika.

Bangunan di kompleks ini terdiri dari 3 unit bangunan yang berderet. Bangunan-bangunan tersebut merupakan bangunan tembok dengan atap dari genteng tanah untuk bangunan yang ada di sayap kiri dan tengah, sedangkan bangunan yang ada di sayap kanan menggunakan atap seng. Lantai dari keramik, jendela dan pintu terbuat dari bahan kayu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Bukittinggi.pdf
Comments
Loading...