Candi Budha Kalibukbuk Bali

0 475

Lokasi Candi Budha Kalibukbuk Bali

Candi Budha Kalibukbuk terletak di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Candi Budha Kalibukbuk Bali

keberadaan Situs Candi Budha Kalibukbuk, pertama kali diketahui dengan ditemukannya stupika dan meterial tanah liat oleh penduduk setempat saat melakukan penggalian kolam renang di belakang Hotel Angsoka pada tahun 1991, kemudian pada tahun 1994, untuk kali kedua ditemukan benda serupa dikebun kelapa milik Anak Agung Sentanu saat akan mengali tanah untuk membuat sumur.

Dari penemuan itu, selanjutnya dilakukan penelitian secara intensif mulai tahun 1994 sampai dengan tahun 2002. Sedangkan pemugarannya berlangsung tahun 2004-2009. Dari eskavasi penyelamatan, ditemukan batu bata bertulis motif sulur-suluran, relief gajah dan gana yang merupakan bagian dari candi, 100 stupika, serta susunan batu andesit. 

Secara keseluruhan Candi Budha Kalibukbuk hanya ditemukan dasar candinya saja, sedang badan dan atap candi tidak dapat direkonstruksi secara jelas karena pada saat penemuan sudah hancur dan rusak. Candi Budha Kalibukbuk terdiri atas tiga bangunan utama yaitu satu buah candi induk dan dua candi perwara di sisi timurlaut dan baratdayanya.

Candi Induk atau Utama berbentuk segidelapan dengan diameter 8 m dan panjang tiap sisinya 3 meter. Di tengah-tengah dasar candi terdapat struktur batu andesit yang menjari ke delapan arah mata angin. Diperkirakan terdapat satu buah bilik atau ruangan candi pada bangunan utama ini. Hal tersebut diperkuat oleh temuan fitur berupa lantai dari tanah merah (batubata yang dihaluskan) pada tengah candi dan tangga masuk di sebelah tenggara. Pada badan candi kemungkinan terdapat relief-relief budha, gana, gajah, padma dan sulur-sulur yang dipahatkan pada setiap sisi dinding dengan batas bingkai (frame). Keseluruhan bentuk tersebut ditemukan pada saat penggalian baik oleh Balar Denpasar maupun BP3 Pejeng. Berdasarkan temuan itu, Candi Kalibukbuk diperkirakan berasal dari sekitar abad VII-XIV Masehi.dan merupakan Peninggalan sejarah berbentuk Situs Candi Budha
Source Candi Budha Kalibukbuk Bali Bali
Comments
Loading...