Pura Samuan Tiga Bali

0 35

Pura Samuan Tiga

Pura ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Di pura ini tersimpan dua buah arca Dhyani Buddha yang terbuat dari perunggu, dan arca ini ditempatkan di dalam karas, sebagai berikut.

Arca Dhyani Buddha Wairocana, yaitu digambarkan dalam sikap padmasana di atas bantalan berbentuk lapik berkaki tiga. Rambut keriting seperti rumah siput dengan usnisa dan urna, wajah masih utuh, mata digambarkan setengah terpejam. Jubahnya tipis menutupi bahu kiri, telinga panjang dan bagian bawahnya berlubang. Kedua tangan berada di depan dada dengan sikap tangan (mudra) dharmacakramudra.

Arca Dhyani Buddha Ratnasambawa, yaitu digambarkan dalam sikap duduk padmasana di atas bantalan berbentuk padmasana. Rambut keriting seperti rumah siput, dan usnisa dan urna. Jubah tipis menutupi bahu kiri, telinga panjang dan berlubang, Tangan kiri dalam sikap dhyanamudra, sedangkan tangan kanan dalam sikap vara-mudra.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/bukti-bukti-awal-agama-budha-di-gianyar-dan-buleleng-bali-abad-ix-xii/
Comments
Loading...