Pura Puncak Penulisan Bali

0 429

Lokasi Pura Puncak Penulisan

Pura Puncak Penulisan terletak di Desa Sukawana, Kintamani, Bangli, Denpasar Bali.

Pura Puncak Penulisan

Pura Puncak Penulisan atau dikenal sebagai Pura Tegeh Koripan serta ada juga yang menyebut Pura Pamojan (panah raja) adalah salah satu pura tertua di Bali. Lebih dikenal sebagai Pura Puncak Penulisa. Pura Puncak Penulisan adalah pura yang bercorak asli Bali age atau Bali mula. Hal tersebut karena bentuknya tidak seperti pura Bali umumnya sebagai hasil akulturasi dengan kebudayaan Jawa yang memiliki sanggaran, meru dan gedong. Oleh karena itulah, Pura Puncak Penulisan dinyatakan sebagai “asli” Bali. Usia pura ini bahkan belum dapat ditelusuri secara pasti sehingga memang sangat bernilai bagi budaya, agama, dan sejarah Bali. Pada zaman dahulu pura ini digunakan untuk bersemedi para raja di sekitarnya sekaligus sebagai representasi sebuah kehidupan yang teguh (tegeh kauripan).

Berada pada puncak Bukit Penulisan dengan titik yang lebih tinggi dari Gunung Batur dan Danau Batur membuat pura ini menjadi tempat dengan pemandangan Gunung Batur dan sekitarnya dari sisi yang berbeda, yaitu tampak atas. Tentu saja, panorama alam nan megah tersebut bukan satu-satunya suguhan yang menjadi daya tarik pura yang serupa situs megalitikum ini. Berada di pura yang fungsi utamanya sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa (sebagai manifestasi dari Tuhan Yang Maha Kuasa).

Bangunan Pura Puncak Penulisan

Dari struktur bangunannya, pura yang sebagian besar menghadap ke Selatan, kecuali pura utamanya yang menghadap ke Barat ini mengadopsi dua konsep. Pertama, merefleksikan bangunan pada masa megalitik yang nampak pada wujud bangunan teras piramida bertingkat (konsep Gunung Suci). Kedua, konsep Sapta Loka yang dapat dilihat dari bentuk bangunan pura yang bertingkat tujuh dimana setiap tingkat (teras) dihubungkan dengan tangga.

Pada tingkat ketiga (Swah Loka) terdapat dua palinggih kecil yang disebut Pura Dana dan Pura Taman Dana. Pada tingkat selanjutnya (Maya Loka) dapat ditemukan Pura Ratu Penyarikan (di sebelah Timur jalan): sementara, pemujaan keluarga Dadya Bujangga dapat ditemukan di sebelah Barat. Pada tingkat keenam (Tapa Loka) terdapat Pura Ratu Daha Tua. Di tingkat ketujuh (Sunya Loka) yang merupakan pucak Pura Penulisan dimana terdapat palinggih pangaruman, piyasan, serta gedong yang berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda peninggalan purbakala.

Source Pura Puncak Penulisan Bali Bali
Comments
Loading...