Pura Gunurwan Bali

0 32

Pura Gunurwan

Pura ini terletak di Banjar (dusun) Gua, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, atau terletak di sebalah timur Goa Gajah. Di pura ini itu tersimpan sebuah arca Boddhisattwa yang terbuat dari batu padas, digambarkan duduk dalam sikap lalitasana di atas bantalan berbentuk padmaganda (Stutterheim,1927 : 123; Laporan Balai Arkeologi Denpasar, 1980). Tinggi arca 75 cm., lebar 37 cm., dan tebal 28 cm. Wajah arca rusak, bagian hidung dan mulut pecah, namun mata masih utuh digambarkan setengah terpejam.

Arca itu memakai stela (prabhamandala) di bagian belakang badan yang telah terpotong atau pecah bagian sebelah kiri. Tangan kanan terpotong hingga siku dan tangan kiri terpotong hingga pergelangan. Dengan demikian tidak dapat diketahui mudra dari arca tersebut. Rambut diikat ke atas dengan rangkaian permata membentuk mahkota, dan dibagian depannya terdapat jamang yang dihias dengan bunga berbentuk simbar.

Pada kedua telinganya terdapat hiasan telinga (kundala) yang berupa padma. Di dalam terdapat kalung (hara) berupa susunan pita yang dihias dengan sulur dan di bagian tengah terdapat bunga. Ikat dada (udarabanda) berupa pita dengan untaian permata, dan di bagian depannya dihiasi bunga padma, gelang lengan (kankana) dihias bunga dan gelang polos. Di depan paha terdapat uncal dan sampur dengan simbol bulat di samping badan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/bukti-bukti-awal-agama-budha-di-gianyar-dan-buleleng-bali-abad-ix-xii/
Comments
Loading...