Pura Goa Gajah Bali

0 11

Pura Goa Gajah

Pura ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Secara geografis desa ini terletak pada koordinat 8° 29’ 1” Lintang Selatan. Pada sebuah ceruk di sebelah selatan Goa Gajah terdapat dua buah arca Dhyani Buddha sebagai berikut.

  1. Arca Dhyani Buddha Amithaba, arca ini terbuat dari batu andesit, tinggi arca 68 cm, digambarkan duduk padmasana di atas padmaganda berbentuk lonjong, tidak terdapat sandaran (prabhamandala),rambut keriting seperti rumah siput dan di atasnya terdapat usnisa. Daun telinga panjang dan di bagian bawahnya terdapat lubang, muka rusak (aus), hidung dan mulut pecah,mata digambarkan setengah terpejam, dan di bagian tengah dahi terdapat urna. Kedua tangan diletakkan di depan perut, tangan kiri berada di bawah tangan kanan, telapak tangan menghadap ke atas (dhyana-mudra). Berdasarkan mudra arca itu dapat diketahui bahwa arca tersebut adalah arca Dhyani Buddha Amitabha yang menguasai arah barat.
  2. Arca Dhyani Buddha Amoghasidhi, arca ini terbuat dari bahan yang sama dengan arca (a), dan kepalanya patah (hilang), digambarkan dalam sikap duduk padmasana di atas padmaganda yang berbentuk lonjong. Pada bahu kiri terdapat jubah yang sangat tipis dan panjang sampai pergelangan kaki. Dari patahan tangan kanan yang masih tersisa, dapat diduga bahwa arca itu adalah Dhyani Buddha Amoghasidhi yang menempati arah utara.

Kedua arca Dhyani Buddha yang terletak di sebelah selatan Pura Goa Gajah berdasarkan ciri-ciri seperti jubah tipis di bahu kiri, mata setengah terpejam, rambut keriting seperti rumah siput dengan usnisa di atasnya dan sikap tangan (mudra) dapat diduga bahwa arca itu adalah Dhyani Buddha Amitabha yang menempati arah barat dan arca Buddha Amoghasidhi yang menempati arah utara.

  1. Relief Stupa, pertama kali relief stupa di Goa Gajah ditemukan oleh Conrad Spies pada tahun 1931, kemudian Stutterheim menemukan pada tahun 1936. Relief ini telah runtuh dan merupakan puing-puing yang berada di dasar sungai Petanu (Kempers, 1977 : 131).

Di tebing bekas relief stupa itu terdapat sisa lapik arca. Di dalam sungai terdapat reruntuhan yang berisikan relief stupa, dan di pinggir sungai terlihat reruntuhan yang berisi 13 payung atau catra. Bongkahan batu dengan relief yang terdapat di dalam sungai merupakan bagian badan dari stupa. Relief itu terdiri dari lapik berbentuk silinder dan di atasnya terdapat padmaganda penyangga stupa bercabang tiga. Stupa induk (tengah) berada pada lapik dan di bawahnya terdapat padmagandaAndanya berbentuk setengah bola dan di atas anda terdapat medhi bersusun empat yang diproyeksikan keempat arah, serta susunan catra-yasti. Di samping kiri dan kanan stupa terdapat cabang semacam tiang, di atas tiang terdapat anda yang berbentuk bulat gepeng, dan di atasnya terdapat catra-yastiCatra-yasti stupa induk (tengah) tinggal sebagian, sedangkan stupa di sebelah kanan, bagian atas (catra, yasti) hilang dan hanya tinggal sebagian anda. Stupa sebelah kiri yasti dan catra bagian atas (hilang) dan yang tinggal sekarang berjumlah tujuh buah. Di sebelah kiri stupa bercabang itu terdapat stupa yang lebih besar, dan sisanya masih terlihat pada tebing. Reruntuhan bongkahan batu padas dengan relief yastidan catra bersusun tigabelas, dan relung berhias motif batik berada di pinggir sungai. Di atas relung itu terdapat sebuah lapik berbentuk padma dan munglin merupakan asanadari suatu arca. Di antara relung dan padma dihias dengan deretan angsa terbang.

Bongkahan batu lainnya terdapat atas dari suatu relung berbentuk kubah berhias angsa terbang. Di samping kanan dari stupa bercabang, terdapat arca Buddha dalam sikap duduk padmasana, tanpa kepala. Apakah di sebelah kiri juga terdapat relief arca yang sama. Jika dilihat dari keseimbangannya semestinya pada bagian tersebut terdapat relief arca yang sama, karena tebingnya sudah runtuh maka tidak ditemukan lagi sisa-sisanya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/bukti-bukti-awal-agama-budha-di-gianyar-dan-buleleng-bali-abad-ix-xii/
Comments
Loading...