Pura Giri Salaka Alas Purwo Peninggalan Kerajaan Majapahit

0 319

Pura Giri Salaka Alas Purwo

Tak banyak orang mengenal bahwa pada jaman dahulu di Indonesia terdapat kerajaan Hindu yang cukup besar, salah satunya adalah Kerajaan Majapahit. Mungkin faktor kejayaan Kerajaan Majapahit  sehingga banyak peninggalan yang sampai saat ini masih utuh dan tetap digunakan. Majapahit sendiri  merupakan kerajaan yang berasal dari Jawa Timur. Pura Giri Salaka Alas Purwo ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur Berjarak 4 km dari perkampungan hingga ke pura, dengan melewati hutan jati yang rimbun. Alas Puro ini sudah banyak yang mengenal dan merupakan sebuah kawasan Hutan Taman Nasional dengan pengelolaan Departemen Kehutanan dan Perkebunan.

Tempat persembahyangan umat Hindu, yang terkenal dengan upacara Pager Wesi yang diadakan setiap 210 hari sekali. Acara sakral tersebut merupakan upacara penyelamatan ilmu pengetahuan penolak ancaman raksasa bagi umat manusia yang diturunkan oleh para dewa. Dalam upacara tersebut terdapat Prosesi Palemahan yaitu membuang sesaji ke tanah agar dimakan oleh Raksasa Betarakala. dan terdapat acara Pawongan yang merupakan upacara umat Hindu tanda syukur kepada Sang Dewa yang telah memberikan ilmu pengetahuan.

Pura Giri Salaka Alas Purwo atau Pura Alas puro ini di temukan tidak sengaja oleh masyarakat pada tahun 1976. Saat itu masyarakat kecamatan Tegal Dlimo melakukan perabasan terhadap sejumlah kawasan hutan alas purwo untuk bercocok tanam. Tepat berdirinya Pura Alas Purwo itulah masyarakat menemukan sebuah gundukan tanah yang terdapat  bongkahan-bongkahan bata besar yang bertumpuk, seperti gapura kecil. Yang diyakini  tempat tersebut digunakan untuk petapaan maha Sri Suci  Hindu zaman dulu. Untuk menghormati para leluhur,  masyarakat daerah pura ini melakukan ritual agama dan membangun pura tambahan sekitar 65 meter untuk pemujaan masyarakat umum yang berkunjung.

 

Source Pura Giri Salaka Alas Purwo Pura Giri Salaka Alas Purwo
Comments
Loading...