Pura Dhali Agrahita Malang

0 305

Lokasi Pura Dhali Agrahita Malang

Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pura Dhali Agrahita Malang

Pura ini berdiri di tengah-tengah obyek wisata Coban Rondo. Untuk bisa mencapai pura ini, kita diajak sedikit mendaki bukit, kondisi jalan tidak begitu parah, karena sudah ada jalan setapak yang dipadati bebatuan.

Deretan pohon pinus ditingkahi suara burung mewarnai keseharian Pura Dali Agrahita ini. Tempatnya yang berada di ketinggian bukit membuat pura ini tampak semakin agung dan anggun. Penduduk di sekitar pura yang sebagian besar adalah petani beragama Hindu merawat dengan baik pura ini. Itu terlihat dari penataan pura yang cukup asri. Sementara dikiri-kanan pura tampak pemandangan menghijau. Dan ujung bawah sana, kita bisa menyaksikan sebuah perkampungan padat penduiduk. Disela-sela kesunyian saat melakukan pemujaan terkadang kita mendengar sayup-sayup suara lagu-lagu yang diperdengarkan penduduk setempat melalui radio atau tape recorder. Sungguh ini sebuah pura yang menyimpan banyak keindahan dan pesona alam luar biasa.

Pura yang piodalannya jatuh tepat pada hari Raya Kuningan. Pura yang oleh krama Hindu setempat dinamakan Pura Dali Agrahita ini berada disalah satu puncak perbukitan sekitar 20 km arah utara kota dingin Malang. Perjalanan untuk mencapai pura dapat ditempuh dengan kendaraan karena jalan menuju lokasi pura cukup bagus dan searah dengan jalan menuju kawasan wisata air terjun Coban Rondo yang juga ada pelinggihnya.

Pura ini terdiri atas tiga mandala dengan ketinggian berbeda. Dua bagian mandala yakni utama mandala dan madya mandala mempunyai luas masing-masing cukup menampung seratus pamedek sedangkan nista mandalanya boleh dikatakan bukan sebuah mandala karena mirip sebuah jalan kecil.

Source Pura Dhali Agrahita Malang Malang
Comments
Loading...