Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta

0 231

Lokasi Pura Aditya Jaya Rawamangun

Pura Aditya Jaya Rawamangun terletak di Jalan Daksinapati Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220.

Pura Aditya Jaya Rawamangun

Pura Aditya Jaya Rawamangun itu. Pura ini dibangun dalam tujuh tahapan, dimana pembangunan tahap pertama dimulai pada tahun 1972, dan tahap terakhir dilakukan lima tahun kemudian pada 1997.

Tanah yang digunakan untuk kompleks pura ini boleh dibilang cukup luas, diisi dengan sejumlah bangunan dan ornamen bergaya khas Bali. Sebagian wilayah tempat ibadah ini cukup terlindung dari panasnya hawa kota Jakarta dengan adanya pepohonan besar yang tinggi dan rindang di sekeliling area.

Gerbang paduraksa ini menghubungkan wilayah tengah dengan wilayah utama Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta. Gapura yang dinamai Kori Agung itu memiliki satu pintu utama di tengah dan dua pintu tambahan, masing-masing di sebelah kiri dan kanan.

Wilayah tengah pura yang disebut Madya Mandala atau Jaba Tengah berisi bangunan bernama Bale Wantilan, yang dipergunakan untuk mempersiapkan upakara atau perlengkapan yang diperlukan dalam upacara ritual atau Pujawali. Bale Wantilan juga dipergunakan sebagai panggung tempat dipentaskannya tarian-tarian sakral. Jika di area luar Pura Aditya Jaya ada sebuah pohon beringin besar rindang yang mampu memberi perlindungan yang nyaman bagi para pengunjung yang baru datang, maka di jaba tengah ini tak ada pohon besar. Sebagai gantinya adalah bale yang bisa menjadi tempat berteduh sementara.

Candi terbesar di Pura Aditya Jaya Rawamangun ini berada di dalam wilayah utama yang juga disebut Utama Mandala. Tempat ini merupakan tempat paling sakral di sebuah pura, dan tak semua pura membolehkan pengunjung untuk masuk ke area ini.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/pura-aditya-jaya-rawamangun-jakarta/
Comments
Loading...