Prasasti Yupa Kalimantan Timur

0 18.922

Lokasi Ditemukan Prasasti Yupa

Prasasti Yupa ditemukan di Bukit Berubus, Muara Kaman, Kalimantan Timur pada tahun 1879.

Prasasti Yupa

Prasasti Yupa adalah salah satu peninggalan sejarah kerajaan kutai yang paling tua. benda bersejarah satu ini merupakan bukti terkuat adanya kerajaan hindu yang bercokol di atas tanah Kalimantan. Pengertian Yupa sendiri adalah sebuah tugu atau monomen batu yang difungsikan sebagai peringatan atau untuk mengenang kemuliaan hati raja Mulawarman. Dari prasasti-prasasti Yupa dapat diketahui bahwa kerajaan Kutai berada di hilir sungai Muara Kaman, Kalimantan Timur. Namun, di dalam Yupa tersebut tidak dikisahkan kapan kerajaan Kutai pertama kali didirikan, para ahli sejarah memperkirakan pada tahun 400 Masehi merupakan hasil kesimpulan peneliti sejarah dengan mencocokkan tulisan yang terdapat pada Yupa.
Jenis huruf ini sezaman dengan yang ada India pada abad ke 4 Masehi. Dalam tujuh Prasasti Yupa banyak menyebutkan silsilah raja kerajaan Kutai.a bangsa Brahmana. Yupa merupakan batu tulis yang dibangun oleh kaum Brahmana itu sendiri untuk mengenang kebaikan Mulawarman yang telah menyedekahkan sapi sebanyak 20 ribu ekor kepada bangsa Brahmana.Tulisan yang terdapat pada Yupa pun masih berbentuk huruf kuno yang dikenal dengan sebutan huruf Palawa.

Dari prasasti-prasasti Yupa dapat diketahui bahwa kerajaan Kutai berada di hilir sungai Muara Kaman, Kalimantan Timur. Namun, di dalam Yupa tersebut tidak dikisahkan kapan kerajaan Kutai pertama kali didirikan, para ahli sejarah memperkirakan pada tahun 400 Masehi merupakan hasil kesimpulan peneliti sejarah dengan mencocokkan tulisan yang terdapat pada Yupa. Jenis huruf ini sezaman dengan yang ada India pada abad ke 4 Masehi. Dalam tujuh Prasasti Yupa banyak menyebutkan silsilah raja kerajaan Kutai.

Source Prasasti Yupa Kerajaan Kutai
Comments
Loading...