Prasasti Tuk Mas Magelang

0 2.712

Lokasi Ditemukan Prasasti Tuk Mas

Ditemukan di lereng barat Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Magelang di Jawa Tengah.

Prasasti Tuk Mas

Prasasti Tukmas merupakan peninggalan Kerajaan Kalingga yang pertama, bertuliskan huruf Pallawa yang berbahasa Sanskerta. Aksara prasasti ini sudah banyak yang rusak. Namun masih ada bagian yang masih dapat dibaca, isi prasasti tukmas menceritakan tentang mata air yang bersih dan jernih. Sungai yang mengalir dari sumber air tersebut disamakan dengan Sungai Gangga di India.  Pada prasasti itu ada gambar-gambar seperti trisula, kendi, kapak, kelasangka, cakra dan bunga teratai yang merupakan lambang keeratan hubungan manusia dengan dewa-dewa Hindu.

Gambar tersebut menjadi bukti bahwa kerajaan Kalingga memiliki hubungan erat dengan kebudayaan Hindu dari India. Letak penemuan prasasti Tukmas yang cukup jauh dari perkiraan ibukota kerajaan juga membuktikan bahwa cakupan wilayah kekuasaan dari Kerajaan Kalingga cukup luas.

Prasasti Tuk Mas (harafiah berarti “mata air emas”) adalah sebuah prasasti yang dipahatkan pada batu alam besar yang berdiri di dekat suatu mata air. Bentuk aksaranya lebih muda daripada aksara masa Purnawarman, dan diperkirakan berasal dari sekitar abad ke-6 hingga abad ke-7 M.

Isi Prasasti Tuk Mas

kwacit parwwatasānujātā
kwacic chilawaluka nirggateyam
kwacit prakirņna śubhasitatoya sam-
prasutam waganga

 

Source Prasasti Tuk Mas Magelang Magelang
Comments
Loading...