Prasasti Tapak Gajah Bogor

0 111

Lokasi Prasasti Tapak Gajah

Prasasti Tapak Gajah terletak di Desa Ciaruteun Ilir, Kec Cibungbulang, Bogor.

Prasasti Tapak Gajah

Sudah waktunya dinas purbakala menerapkan standar baku bagi setiap situs seperti halnya di tempat Prasasti Tapak Gajah Bogor ini. Selain tempat elegan yang terawat dan aman bagi benda peninggalan purbakalanya, di setiap situs juga mesti dipasang nomor telepon penjaga, serta informasi lengkap tentang benda yang tersimpan di sana.

Pemandangan pada batu Prasasti Tapak Gajah Bogor di dalam cungkup dengan dinding terbuka itu. Pada permukaan batu besar yang terbuat dari bahan andesit keras berwarna kecoklatan yang berukuran 69 x104 x 164 cm itu dipahatkan sepasang telapak kaki gajah yang mengapit sebaris tulisan berhuruf Palawa dan memakai Bahasa Sanskerta.

Dengan hanya melihatnya bentuknya saja orang mungkin tak mengira bahwa lekukan itu adalah bekas tapak kaki gajah. Semula saya kira pun merupakan bentuk dua kuntum bunga, semacam bunga padma atau teratai. Prasasti Tapak Gajah diperkirakan dibuat sekitar tahun 400 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanegara, di wilayah barat Pulau Jawa.

Tulisan yang diapit sepasang tapak gajah di bagian atas dan bawahnya itu masih bisa dibaca oleh para ahli, dan berbunyi “Jayavisalasya tarumendrsaya hastinah airavata basya vibhatidam padadavyam”. Torehan yang meninggalkan lekukan cukup dalam pada permukaan batu itu memang masih terlihat jelas, dan relatif masih baik keadaannya.

Source Prasasti Tapak Gajah Bogor Jawa Barat
Comments
Loading...