Prasasti Sumber Gurit Di Jombang

0 259

Prasasti Sumber Gurit

Prasasti yang di kenal dengan nama Prasasti Munggut ini memiliki nama lain yaitu Prasasti Sumber Gurit. Dilihat dari lokasi, prasasti ini terletak tepat pada dusun Sumber Gurit, Desa Katemas, Kecamatan Kudu, Jombang Jawa Timur. Tempat ini berlokasi kurang lebih berjarak 15 km dari sebelah utara pusat Kota Jombang. Secara umum rute untuk menuju prasasti ini adalah sebagai berikut: Jombang – Ploso – Pasar Tapen (belok ke kiri) – Desa Katemas.

Prasasti ini merupakn peninggalan Raja Airlangga, yaitu pendiri Kerajaan Kahuripan penerus Kerajaan Medang/ Mataram Kuno. Prasasti ini di pahat pada batu andesit dan di tulis dengan aksara jawa kuno. Tersusun menjadi 24 baris masing-masing untuk sisi depan dan belakang, serta 42 baris di kedua sisi lainnya. Ditetapkan pada tanggal 14 Krisnapaksa, Bulan Caitra, Tahun 944 Saka (3 April 1022 M). Isinya merupakan penetapan sima (tanah perdikan) bagi penduduk Desa Munggut (sekarang masuk dalam wilayah Dusun Sumber Gurit). Berikut kutipan isi Prasasti Sumber Gurit mulai dari baris 3 hingga 8.

  1. Swasti saka warsatita, 944 cetramasa dewata tithi caturdasi Krana* (Krisna)
  2. Paksa, wu, pa, an, wara, balamukti, katika karana naksatra, dahama dewata, ayu (saman)
  3. Yaja, wanija karana, irika dewansyajna sri maharaja rake halu, sri lokeswara
  4. Dharmawangsa Airlangga wikramattunggadewa**, tinadah rakryan mahamantrina sri sanggra
  5. Ma wijaya prasadottunggadewi, uminsor i rakryan pacang pu dwija kemanakenikanag kara
  6. (munggut*** sapasuk thani kabah thani papadya maharani …

* tanggal penetapan

** nama raja

***nama desa / thani / karaman

Adapun Isi dari prasasti ini hanyalah penetapan sima bebas pajak, akan tetapi prasasti ini cukup penting karena merupakan salah satu bukti eksistensi Raja Airlangga. Semenjak runtuhnya Kerajaan Medang akibat kudeta raja vassal Wura wari, Raja Airlangga memang hidup dalam pelarian. Dalam legenda Dusun Sumber Gurit disebutkan, dari sekian banyak tampat pelariannya, baru sekitar thani Munggut (sekarang Dusun Sumber Gurit dan sekitarnya) inilah Raja Airlangga merasa aman. Hal tersebut dikaitkan dengan banyaknya peninggalan dari era Airlangga yang dijumpai di sekitar Sumber Gurit seperti: Prasasti Munggut (Sumber Gurit) 1022 M, Prasasti Kusambyan (Grogol) 1037 M, Prasasti Katemas, Prasasti Pucangan 1037 M, dan Situs Sendang Made.

Source Prasasti Sumber Gurit Gapura Jombang
Comments
Loading...