Prasasti Siwagrha Kerajaan Medang

0 548

Lokasi Prasasti Siwagrha

Prasasti Shivagrha adalah prasasti yang berasal dari Kerajaan Medang, Jawa Tengah.

Prasasti Siwagrha

Prasasti yang terakhir ini adalah Prasasti Siwagrha, dimana prasasti ini dikeluarkan oleh Rakai Kayuwangi di masa setelah berakhirnya pemerintahan Rakai Pikatan. Prasasti ini memberikan informasi tentang kelompok Candi Agung yang dipersembahkan untuk Dewa Siwa yang disebut dengan Shivagrha (Bahasa Sanskerta) yang berarti rumah Siwa, dimana cirinya cocok dengan kelompok Candi Prambanan. Saat ini prasasti ini disimpan di Museum Nasional Indonesia yang berada di Jakarta.

Itulah informasi tentang 11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Melegenda yang dapat anda jadikan pengetahuan yang baru serta referensi tentang sejarah-sejarah kerajaan yang pernah ada di Indonesia sehingga dapat menambah wawasan anda. Jika ada masukan ataupun saran untuk artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

Prasasti Siwagrha terdapat tulisan chandrasengkala ”Wwalung gunung sang wiku” yang bermakna angka tahun 778 Saka (856 Masehi). Prasasti ini dikeluarkan oleh Dyah Lokapala (Rakai Kayuwangi) segera setelah berakhirnya pemerintahan Rakai Pikatan. Prasasti ini menyebutkan deskripsi kelompok candi agung yang dipersembahkan untuk dewa Siwa disebut Shivagrha (Sanskerta: rumah Siwa) yang cirinya sangat cocok dengan kelompok candi Prambanan.

Prasasti ini yang berbentuk batu ini berbahasa dan aksara Jawa Kuno, dan kini menjadi koleksi Museum Nasional dengan No. Inventaris D.28.

Source Prasasti Siwagrha Kerajaan Medang Jawa Tengah
Comments
Loading...