Prasasti Selabraja Malang

0 68

Prasasti Selabraja

Prasasti Selabraja ditemukan di Dusun Selobrojo, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Dusun ini terletak di lereng sebelah barat Gunung Kawi. Desa Banjarejo terletak sekitar 9 kilometer dari jalan raya Batu-Ngantang dengan melewati Desa Purworejo. Untuk mencapai lokasi prasasti Selobrojo, kondisi jalannya mulai beraspal lalu dilanjutkan dengan jaln aspal berlubang-lubang.

Sampai dengan jalan tanah. Selanjutnya melewati jalan tanah agak menanjak tetapi relatif lebar. Prasasti Selabraja saat ini berada di dalam bangunan tidak berdinding berdampingan dengan sebuah makam. Di sebelah bangunan tersebut terdapat undak-undakan menuju areal datar yang sempit dengan peneduh pepohonan tua. Di situ ada dua balok batu di tengah beberan batu-batu alam. Oleh penduduk setempat prasasti ini dikenal sebagai Watu Sendenan.

Prasasti ini terbuat dari batu dengan tinggi 66 cm, lebar di bagian atas 37 cm, bagian bawah 33 cm dan ketebalan 10 cm. Keadaan prasasti pada bagian bawah baris ketujuh ditambal semen, mungkin prasasti ini pernah retak atau patah. Angka tahun prasasti ini tertulis rasa beddhā beddha, dan angka di belakangnya hilang. Diduga prasasti ini berangka tahun 1336 Saka atau 1414-1415 Masehi. Prasasti ini terdiri dari 7 baris dan berbahasa Jawa Kuno. Transkripsinya diterbitkan oleh Brandes dalam Oud-Javaansche Oorkonden.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/3759/prasasti-selabraja/
Comments
Loading...