Prasasti Piling-piling

0 8

Prasasti Piling-piling

Prasasti Piling-piling ditemukan di daerah Dinoyo, Kota Malang, yang terdiri dari dua buah batu prasasti. Menurut Brandes batu prasasti pertama masih berada di tempat asalnya. Bentuk prasasti dijelaskan di bagian bawah sedikit lebih lebar daripada bagian atas. Mungkin di bagian atas berbentuk persegi panjang yang dipangkas, tetapi keadaannya sudah rusak, berdiri di atas landasan yang juga telah rusak. Di beberapa bagian di sisi depan kiri kanannya agak menonjol.

Di keempat sisinya tertulis dengan huruf Jawa Kuno terdiri dari 25 baris. Ketinggian batu 0,64 m, lebar 0,35 m, dan tebal 0,19 m. Penulisan huruf-hurufnya tidak rapi, ada yang lebih besar atau lebih kecil. Beberapa di antaranya terlihat ceroboh dan tidak jelas. Paragraf penulisan dari permukaan sampai di sisi-sisinya, terkadang ada suku kata yang diulangi berkali-kali. Mungkin prasasti ini dikeluarkan oleh penguasa daerah setempat, karena penulisannya tidak begitu rapi. Isinya tentang daftar orang-orang yang mendapat hadiah dengan disertai nama-nama saksi.

Pertanggalan prasasti Piling-piling kurang jelas karena keadaan prasasti agak rusak, yang terlihat dengan jelas hanya angka bagian depan 8. Tetapi diperkirakan prasasti bertahun sekitar 918 M (atau 840 Saka). Yang pasti prasasti ini berasal pada awal abad ke IX M. Prasasti tidak menyebutkan nama raja yang memerintah tetapi pada masa itu Mataram akhir pemerintahan Daksa atau pada awal-awal pemerintahan Dyah Tlodhong.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/3205/prasasti-piling-piling/
Comments
Loading...