Prasasti Pasir Awi Jawa Barat

0 713

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan Hindu tua di Indonesia. Kerajaan Tarumanegara pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi yang terletak di  Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur (antara Kec. Jonggol dan Kec. Citeureup) Kabupaten Bogor.

Salah satu bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah ditemukannya 7 (tujuh) Prasasti, diantaranya Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, Prasasti Cidanghiyang, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Jambu dan Prasasti Pasir Awi. Prasasti Pasir Awi pertama kali ditemukan oleh arkeolog asal Belanda bernama N.W Hoepermans pada tahun 1867.

Situs Prasasti Pasir Awi berupa batu tapak dan semacam lukisan ukiran bunga yang terpahat di batu besar. Situs ini sudah ditetapkan menjadi kawasan Cagar Budaya yang dilindungi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

 

Di lokasi, Informasi pendukung mengenai Situs Prasasti Pasir Awi ini sangat minim. Hanya ada pengumuman dan larangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor untuk tidak merusak keberadaan Situs.

Source Pasir Awi Jawa barat
Comments
Loading...