Prasasti Pamwatan Lamongan

0 359

Lokasi Prasasti Pamwatan

Prasasti Pamwatan terletak di Desa Pamotan, mKecaatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Prasasti Pamwatan

Prasasti Pamwatan/Pamotan berangka tahun 964 Çaka/1042 Masehi (19 Desember 1042 Masehi). Tepatnya berada di lereng sisi Utara gunung Pucangan (lokasi asal prasasti Pucangan?). Prasasti yang terbuat dari batu andesit ini dikeluarkan oleh Raja Airlangga dengan gelar abhiseka Çri Mahãrãja Rakai Halu Çri Lokeçwara Dharmmawaṅça Airlaṅgga Anãntawikramottuṅgadewa dengan Rakryãn Mahãmantrĩ i Hino-nya Çrĩ Samarawijaya (Damais 1955, 183).
Pada sisi depan (recto) bagian atas prasasti terdapat tulisan yang berbunyi DAHAṆA dalam aksara kwadrat. Hal ini akhirnya memunculkan dugaan bahwa, wilayah desa Pamotan dan sekitarnya merupakan pusat Ibu Kota kerajaan atau Keraton Dahaṇa (Pura). Dahaṇa(Pura) sendiri diperkirakan sebagai ibu kota kerajaan Airlangga yang terakhir (Soemadio 2008, 211). Nama Dahaṇa(Pura) tersebut di dalam uraian Serat Calon Arang sebagai ibu kota/keraton kerajaan Airlangga, namun dalam uraian serat tersebut tidak disebutkan secara pasti dimanakah persisnya letak keraton Dahaṇa(Pura) itu berada.
Sayangnya, prasasti yang isinya belum tuntas dibaca itu hilang akibat dicuri. Prasasti Pamotan diperkirakan dicuri pada tengah malam tanggal 11 September 2003. Dugaan tersebut didasari dari keterangan beberapa warga desa Pamotan yang mengaku sudah tidak lagi menjumpai Prasasti batu tersebut di tempatnya sejak tanggal 12 September pagi (sumber: Radar Bojonegoro). Hilangnya prasasti Pamotan pada akhirnya menimbulkan perdebatan panjang dan melahirkan berbagai macam tafsiran mengenai kata DAHAṆA yang terukir di atas prasasti.
Source http://dennycaturprabowo.blogspot.co.id/ http://dennycaturprabowo.blogspot.co.id/2017/12/menolak-lupa-prasasti-pamwatanpamotan.html
Comments
Loading...