Prasasti Mantyasih Magelang

0 322

Lokasi Prasasti Mantyasih

Prasasti Mantyasih ditemukan di Kampung Meteseh Kidul, Desa Meteseh, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Prasasti Mantyasih

Prasasti Mantyasih berangka tahun 829 Çaka atau bertepatan dengan 11 April 907 M, dengan menggunakan aksara dan berbahasa Jawa Kuno. Prasasti ini merupakan tamra praśasti yang terdiri atas tiga buah prasasti. Sebuah dipahatkan pada batu yang kini disimpan di Museum Nasional dengan nomor D 40, yang merupakan bagian awal prasasti. Sebuah lagi dipahatkan pada satu lempeng tembaga yang kini disimpan di Museum Nasional dengan nomor E 19 yang merupakan bagian tengah dari suatu prasasti, dan sebuah lagi, yang terlengkap disimpan di Museum Radyapustaka, Surakarta, terdiri dari dua lempeng tembaga. Mengenai prasasti yang disimpan di Museum Radyapustaka, seorang arkeolog Titi Surti Nastiti, pernah mengeceknya, tapi ternyata prasasti tersebut sudah tidak ada lagi.

Prasasti yang dikeluarkan oleh Raja Balitung yang bergelar Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Dharmmodaya Mahasambhu ini berisi tentang anugerah kepada lima patih bawahan yang berjasa dalam menjaga keamanan saat pernikahan Dyah Balitung. Dalam prasasti ini juga disebutkan mengenai silsilah raja-raja Mataram Kuno atau Medang yang memerintah sebelumnya. Nama raja yang ditulis antara lain Raja Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Ratu Watuhumalang, dan Rakai Watukura Dyah Balitung.

Source http://kekunaan.blogspot.co.id/ http://kekunaan.blogspot.co.id/2012/06/prasasti-mantyasih.html
Comments
Loading...