situsbudaya.id

Prasasti Kuburajo I Sumatera Barat

0 23

Lokasi Prasasti Kuburajo I

Prasasti Kuburajo I ditemukan di daerah Kuburajo, Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Prasasti Kuburajo I

 

Prasasti Kuburajo I dipahatkan pada batu persegi, ditulis dengan huruf Jawa Kuno dengan bahasa Sanskerta. Penulisan dari manuskrip pada prasasti ini tidak terstruktur, dan banyak keanehan dalam tatabahasanya, teks manuskrip ini terdiri dari kata-kata tunggal dan majemuk tanpa struktur kalimat yang lengkap. Isi yang termuat dalam prasasti Kuburajo I berupa suatu keterangan genealogis atau garis keturunan Raja Adityawarman, antara lain menyebutkan: ‘Adwaya-warmma mputra kanakamedinindra’ yang berarti Adwayawarma yang berputra Raja Tanah Emas. Adwayabrahma dapat diidentifikasikan sebagai Adwaya-warman.

Dari catatan sejarah dan naskah Jawa Kuna, diketahui bahwa Adityawarman merupakan keturunan kerajaan Melayu Dharmasraya dari seorang ibu Melayu bernama Dara Jingga dan seorang bangsawan Kerajaan Singasari bernama Adwayabrahma. Adwayabrahma adalah pejabat dari Kerajaan Singasari yang dikirim Krtanegara untuk mengiringi pengiriman arca Amoghapasa ke Suwarnabhumi. Sedangkan kalimat kanakamedini diidentikan dengan Swarnnabhumi atau swarnnadwipa yang mengacu pada arti tanah emas. Dengan demikian sebutan raja tanah emas ini diperuntukkan bagi Adityawarman.

Kalimat berikutnya arti dari kata-kata yang terpahat adalah berisi tentang syair pujian dari Adityawarman untuk menjelaskan kedudukan dan keutamaannya. Dalam keterangannya Adityawarman dianggap sebagai keturunan dari Wangsa Kulisadhara, yakni nama lain dari Dewa Indra atau Dewa Matahari. Adityawarman dianggap pula sebagai perwujudan dari Sri Lokeswara (Awalokiteswara).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2016/09/10/prasasti-tinggalan-adityawarman-kubu-rajo-atau-kubur-rajo/
Comments
Loading...