Prasasti Kebon Kopi Bogor

0 906

Lokasi Prasasti Kebon Kopi

Prasasti Kebonkopi terletak di Kampung Muara, termasuk wilayah Desa Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor.

Prasasti Kebon Kopi

Prasasti Kebon Kopi ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara yang pernah berdiri pada abad ke 4 sampai ke 7 masehi. Prasasti Kebon Kopi ini terdapat lukisan kaki gajah yang melambangkan Airawata yaitu gajah tunggangan Wisnu. Prasasti Kebon Kopi terdapat lukisan sepasang telapak kaki gajah yang diberi keterangan satu baris berbentuk puisi yang berbunyi :

“jayavi s halasya tarumendrsaya hastinah airavatabhasya vibhatidam padadavayam”

Telapak kaki gajah terletak pada sebuah batu besar dan berisi mengenai sejarah raja atau penguasa di Kerajaan Tarumanegara pada saat itu. Prasasti Kebon Kopi ditemukan oleh para penebang hutan yang sedang membuat perkebunan kopi pada tahun 1863. Kemudian pemilik kebun tersebut yakni bernama Jonathan Rig melaporkan penemuan prasasti tersebut kepada pihak kepurbakalaan yang saat itu masih pada masa penjajahan Belanda atau sekarang dikenal dengan Museum Nasional Indonesia.

Prasasti Kebon Kopi memiliki tinggi 69 cm, sementara lebarnya 105 sampai 164 cm. Dari ukuran tersebut, prasasti ini dapat dikategorikan prasasti yang besar dan memiliki nilai penting terkait dengan sejarah Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Kebon Kopi berbentuk batu besar dengan pahatan sepasang telapak kaki gajah diatasnya, kemudian diatas batu tersebut juga terdapat tulisan yang merupakan isi dari prasasti Kebon Kopi.

Isi Prasasti Kebon Kopi

Berupa tulisan huruf palawa dan menggunakan bahasa sanskerta, kalimatnya yaitu “Jayavisalasyya Tarumendrasya hastinah…Airwaytabhasya vibatidam – padadyayam”. Isi Prasasti Kebon Kopi tersebut memiliki arti “Ditempat ini / disini kelihatannya terdapat gambar sepasang telapak kaki..yang mirip dengan Airawata, gajah yang sangat kuat / penguasa di Taruma atau lebih dikenal Tarumanegara… dan .. Kejayaan Kerajaan”.
Source Prasasti Kebon Kopi Bogor bogor
Comments
Loading...