Prasasti Kamulan Kabupaten Trengalek

0 750

Prasasti Kamulan Trengalek

Prasasti Kamulan adalah tempat bersejarah berdirinya Kabupaten Trengalek. Lokasi Prasasti Kamulan terletak di desa kamulan kec Durenan kab Trenggalek. Desa Kamulan saat ini merupakan salah satu sentra industri genteng yang sangat besar. Hasil produksi genteng tersebut di kirim ke berbagai wilayah di sekitar Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan ada yang sampai di kirim ke pulau Bali dan Kalimantan.

Penduduk desa ini mayoritas bekerja pada bidang industri genteng. Dengan mengambil bahan dari alam (tanah) sekitarnya, mengakibatkan banyaknya lubang-lubang galian hampir di seluruh penjuru desa. Namun galian-galian tersebut umumnya tidak kelihatan dari luar karena ada di bagian belakang rumah penduduk yang saling berdekatan.

Industri ini banyak menyerap tenaga kerja, yang umumnya dikerjakan oleh pemiliknya sendiri dengan bantuan tenaga kerja dari santri pondok yang nyambi ikut kerja. Kebetulan di desa kamulan terdapat sekuranya dua buah pondok pesantren besar yang banyak menarik santri dari berbagai daerah. Salah satu pondok tersebut adalah Pondok Pesantren Hidayatut Thullab, atau yang lebih di kenal dengan sebutan “pondok tengah” karena lokasinya yang hampir persis di tengah-tengah desa.dan selain pondok tengah yaitu ada lagi pondok darussalam/jajar.

Prasasti Kamulan dikeluarkan oleh Raja Sarmeswara Trikramawataranindita Srngga Lancana Dikwijayotunggadewa atau yang lebih dikenal dengan nama Raja Kertajaya pada tahun 1196 Saka atau 1194 Masehi. Dalam prasasti kamulan ini memuat nama Kediri, yang diserang oleh raja di kerajaan sebelah timur. Tanggal yang disebutkan dalam prasasti tersebut adalah tanggal 31 bulan Agustus tahun 1194. Saat Anda mencapai lokasi Prasasti Kamulan, Anda akan melihat sebuah bangunan menyerupai pendopo yang melindungi prasasti tersebut. Meskipun prasasti tersebut sudah tua, tapi ukiran-ukiran tulisannya masih terlihat jelas.

Source Prasasti Kamulan Trengalek Prasasti Kamulan Trengalek
Comments
Loading...