Prasasti Jajar Blitar

0 182

Prasasti Jajar Blitar

Di Dukuh Karang Turi, Desa Jajar, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar terdapat terdapat prasasti yang bernama Prasasti Jajar. Prasasti ini berada tepat di sebalah barat dari situs Mbah Keling yang di batasi oleh sungai Mlalo dan berjarak 500 meter. Masyarakat sering menyebut prasasti ini dengan nama “Watu Kasur”. Prasasti ini tidak lain adalah Prasasti Jajar karena menyebutkan sima di Pagiliran. Prasasti jajar ini memiliki angka tahun yaitu 1052 saka setara dengan 1130 Masehi, dan tepat pada masa pemerintahan Bameswara Kerajaan Kediri.

Dapat di ketahui bahwa prasasti ini memiliki bentuk padmasana. Pada prasasti jajar ini juga memiliki ukuran tinggi 1,58 meter dengan lebar 1 meter serta memiliki ukuran ketebalan 27 cm. Pada prasasti ini juga memuat isi yang di tulis pada sebuah prasasti ini. Meskipun kondisinya sudah tidak utuh, namun sejumlah aksaranya masih dapat dibaca walaupun sangat sulit karena tulisan sebagian sudah aus atau hilang. Alih aksara Prasasti Jajar adalah sebagai berikut:

  1. swasti sakawarsatita 1056 Saka asadha masa tithi eka dasi krsnapaksa. Wa
  2. irika diwasana (ajna)
  3. janiwaryyawiryya parakrama digjayottunggadewa tinadah rakrayan maharaja kalih i halu i ranga
  4. ya krama kumonnaken ikang karaman i pagiliran sapanjing thani kabeh… watek panu.
  5. Sudah tidak bisa terbaca lagi atau sudah aus hingga bagian tulisan paling bawah kebawah.

Prasasti jajar ini berisi tentang penganugerahan sima (bebas pajak) di karaman “pagiliran”, oleh karenanya prasasti jajar ini disebut juga dengan sebutan Prasasti Pagiliran. Selain Prasasti Pagiliran terdapat tinggalan lainnya yang berada di sekitar sini yaitu berupa asana arca, tiang batu mirip lingga, batu seperti nisan terbalik, dan atap miniatur candi.

Source Prasasti Jajar Blitar Melancong Watu
Comments
Loading...