Prasasti Hujung Langit Kota Lampung

0 865

Lokasi Ditemukan Prasasti Hujung Langit

Prasasti Hujang Langit ditemukan di desa Haur Kuning, Lampung, Indonesia.

Prasasti Hujang Langit

Prasasti Hujung Langit, yang dikenal juga dengan nama Prasasti Bawang karena tempat penemuannya berada di wilayah Bawang, adalah sebuah prasasti batu peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Aksara yang digunakan di prasasti ini adalah Pallawa dengan bahasa Melayu Kuno.

Tulisan pada prasasti Hujang Langit ini sudah sangat aus dan tulisannya sangat tipis sehingga sangat sulit untuk membacanya menyeluruh, namun masih teridentifikasi angka tahunnya 919 Saka atau 997 Masehi. Berdasarkan beberapa kata yang masih dapat terbaca. Berdasarkan asalnya, kata Sa – tanah dan sahutan dengan nama tempat Hujunglangit, dapat member petunjuk bahwa prasasti berkaitan dengan penetapan suatu daerah menjadi sima, daerah perdikan, seperti yang terdapat pada prasasti-prasasti yang ada di zaman Hindu-Budha. Penetapan suatu daerah menjadi sima, umumnya berkenaan dengan adanya suatu bangunan suci yang terdapat di suatu daerah tersebut.

Prasasti Hujung Langit ini dipahatkan pada sebongkah batu andesit, dimana bagian atas lebih kecil daripada bagian bawah. Sebagian batu bagian bawah terpendam di dalam tanah.

Prasasti ini berbentuk hampir menyerupai kerucut dengan tinggi 162 cm pada sisi yang terdapat aksara dan lebar 60 cm. Aksara ditulis pada sisi muka (recto) yang hampir rata. Prasasti Hujang Langit ini terdiri dan 18 baris tulisan dengan aksara tipe Jawa Kuna dan berbahasa Melayu Kuna. Disekitar prasasti Hujang Langit  tersebut berserakan potongan batu-batu, dan oleh Damais diduga bahwa dahulu kala pernah ada sebuah monumen. Prasasti Hujun Langit dikeluarkan oleh Punku Haji Yuwa Rajya Sri Haridewa untuk keperluan bangunan suci wihara di daerah Hujun Langit.

Source Prasasti Hujang Langit Kerajaan Sriwijaya
Comments
Loading...