Prasasti Gunung Nyamil, Tanda Sejarah dari Dataran Tinggi Blitar Selatan

0 48

Prasasti Gunung Nyamil secara administratif terletak di Desa Ngeni, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Kalau travelers sekalian pernah mendatangi gugusan Pantai Ngadipuro seperti Pantai Keben dan Pudak, tentunya bakal melewati prasasti ini. Prasasti ini terletak di halaman Kantor Perkebunan Gunung Nyamil.

Prasasti Gunung Nyamil menunjukkan karakteristik peninggalan sejarah khas Blitar Selatan, yaitu terbuat dari batu kapur. Meski telah pecah dan disambung kembali, namun kondisi prasasti ini cukup terawat dengan dibangunkan cungkup untuk melindunginya.

Berikut alih aksara dari Prasasti Gunung nyamil yang ditulis dengan aksara Jawa Kuno:

Sakakalanira raka

Ki Bacabunwa (?) hata

Paracut Gunung Nyamil

Sunya marga paksaning wong

Prasasti Gunung Nyamil hanya berisi tentang penanda tempat pertapaan Ki Bacabunwa di Gunung Nyamil. Prasasti ini memuat angka tahun berupa sengkalan yang berbunyi Sunya marga paksaning wong. Sunya= 0 marga= 5 paksa= 2 wong= 1 jika dibaca terbalik menunjukkan tahun 1250 Saka yang setara dengan tahun 1328 Masehi. Tahun tersebut masuk dalam masa kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Tak jauh dari prasasti ini juga terdapat peninggalan sejarah lainnya yakni punden Mbah Putri. Berdasarkan cerita yang beredar dulu di punden ini terdapat arca tokoh wanita, sekarang sudah tidak ada. Berdasarkan dokumentasi DTrav tahun 2012 benda cagar budaya yang masih tersimpan di punden Mbah Putri tinggal batu dakon, lumpang, dan sejumlah umpak dari batu kapur. Benda-benda ini berada satu lokasi dengan Makam Mbah Panji yang dipercaya sebagai sesepuh desa.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/prasasti-gunung-nyamil-blitar/
Comments
Loading...