Prasasti Butulan Zaman Majapahit

0 240

Prasasti Butulan Zaman Majapahit

Prasasti beraksara Jawa kuno asli ini di tulis pada tahun 1298 saka, dan di temukan di Kawasan Pegunungan Kapur Utara, dan tertulis di dinding Goa Butulan Desa Gosari, Ujungpangkah, Gresik, Jatim. Dapat di perkirakan bahwa prasasti ini merupakan peninggalan jaman kejayaan Majapahit abad 12 dan pada prasasti ini terdapat nama pelaku yaitu San Rama Samadaya yang tersingkirkan. Pada terjemahan bahasa indonesia berati tahun 1298 saka adalah sekitar 1376 M, tahun ini setara dengan waktu tempat ini di tempati oleh San Rama Samadaya. Pada atas dinding prasasti ini bertuliskan aksara, terdapat pula goa yang dulunya digunakan San Rama Samadaya untuk bertapa dan mengolah ilmu kesaktian bersama muridnya kala itu. Hasan Shodiq, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Ujungpangkah mengatakan, prasasti tersebut ditulis olah salah satu murid San Rama Samadaya pada jaman keemasan atau kejayaan Majapahit yang saat itu rajanya adalah Hayamwuruk, Seri Radjasanagara tahun 1272 saka atau 1359 masehi sampai 1311 saka atau 1389 masehi dengan patihnya Gajah Mada yang meninggal tahun 1290 saka, atau 1368 masehi.

Sejak Mahapatih Gajah Mada muksa meninggalkan atau menghilang, saat itu pula kursi Mahapatih menjadi rebutan, San Rama Samadaya terpaksa harus menyingkir, karena kalah dengan Gajah Enggon yang dinobatkan menjadi Mahapatih Majapahit pengganti Gajah mada. Dan kemudian San Rama Samadaya pun mengucilkan diri ke goa batulan. Pada sekitar ini di temukan dua sendang, air jernih yang di yakini merupakan tempat pemandian San Rama Samadaya dengan muridnya. Selain itu, temuan lainnya yaitu berupa tungku dan lokasi pembuatan tembikar atau gerabah satu km dari lokasi prasasti ini.Tungku, kendi, celengan, teko dan cawang dengan tingkat pembakaran 1000 derajat telah dibawa ke Trowulan Mojokerto pusat penemuan barang bersejarah di zaman Majapahit.

Pada 2005 prasasti Gosari telah dibaca dan diterjemahkan Luthfi dari Universitas Gadjah Mada bersama Tim Arkeologi Deputi Bidang Sejarah Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Isi prasasti

1.  diwasani ngambal 1298
2.  duk winahon denira san(g) rama samadya
3.  makadi siri buyutarjah tali kur si
4.  raka durahana

Terjemahnya
1.  pada tahun 1298 saka (1376 M) di Ambal
2.  waktu itu didiami San(g) Rama Samadya
3.  buyut arjah talikur
4.  yang tersingkirkan

Source Prasasti Butulan Zaman Majapahit MAJALAH ARKEOLOGI INDONESIA
Comments
Loading...