Prasasti Grahi Jambi

0 529

Lokasi Ditemukan Prasasti Grahi

Tahun 1904 di tepi Batang Merangin, Dusun Batu Bersurat, Desa Karang Berahi, kecamatan Pamenang, Merangin, Jambi.

Prasasti Grahi

Prasasti Grahi adalah sebuah prasasti yang terdapat di Chaiya, selatan Thailand, yang berbahasa Khmer Kuno dan bertarikh 1183. Prasasti ini tertulis pada lapik arca Buddha perunggu di wihara Wat Hua Wiang. Grahi yang disebut Kia-lo-hi dalam catatan Tiongkok Chu-fan-chi diperkirakan nama lama dari Chaiya, dan dahulu adalah daerah perbatasan antara Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Khmer di Semenanjung Melayu.

Seperti pada Prasasti Telaga Batu, Prasasti Kota Kapur dan juga Prasasti Palas Pasemah dijelaskan tentang kutukan untuk mereka yang melakukan kejahatan dan tidak setia dengan Raja Sriwijaya. Prasasti ini tidak dilengkapi dengan tahun, akan tetapi bisa diidentifikasi memakai aksara Pallawa dan bahasa Melayu Kuno dengan isi mengenai kutukan untuk orang yang tidak setia dan tidak tunduk dengan Driwijaya seperti pada Prasasti Gunung Kapur dan Prasasti Telaga Batu.

Prasasti Karang berahi ditemukan pada lokasi berdekatan dengan struktur bata kuno yang sekarang digunakan sebagai lokasi pemakaman. Dari cerita di Dusun Batu Bersurat, dulu Prasasti Karangberahi ditemukan oleh cucu Temenggung Lakek pada tahun 1727 yang dimana pada masa tersebut, Dusun Batu Bersurat disebut dengan Dusun Tanjung Agung. Anak Temenggung Lakek yang bernama Jariah lalu membawa batu Prasasti Karangberahi ke masjid Asyobirin di dekat aliran Batang Merangin dan pada masa Belanda, Batu Prasasti dipindahkan ke Kota Bangko dan ditempatkan di halaman kantor residen yang saat ini digunakan sebagai Kantor Dinas Budpar Kabupaten Merangin. Saat masa penjajahan Jepang, masyarakat Karang Berahi minta agar batu tersebut dikembalikan ke Desa Karang Berahi dan dikabulkan oleh Jepang yang kemudian dikembalikan ke lingkungan masjid Asobirin di tepi Batang Merangin.

Source Prasasti Berahi Kerajaan Sriwijaya
Comments
Loading...