Ponten Solo

0 123

Ponten

Ponten adalah nama sebuah bangunan yang terletak di Kestalan Solo yang pada masanya diperuntukkan untuk MCK (mandi cuci kakus) bagi masyarakat sekitar. Bangunan yang dirancang oleh arsitek Belanda Thomas Karsten tersebut dibangun pada masa pemerintahan mangkunegara VII pada tahun 1936.

Ponten terdiri dari 3 ruangan. Pada bagian timur diperuntukan untuk kaum laki-laki dan pada bagian barat diperuntukkan untuk kaum perempuan. Pada bagian tengah sendiri terdapat sebuah pancuran untuk anak-anak.
Dibagian depan bangunan Ponten juga terdapat sebuah taman sebagai tempat bermain atau bersantai.

Pada bagian kanan kiri Ponten terdapat bilik mandi yang untuk mencapainya harus melewati sekat semacam labirin. Pada tiap bilik Ponten dilengkapi dengan tujuh pancuran. Khusus dibagian kanan terdapat dua toilet yang dipisahkan oleh dinding.

Bangunan Ponten tidak memiliki pintu maupun atap. Sumber air dari Ponten sendiri konon berasal dari Stasiun Balapan yang berada tak jauh dari lokasi Ponten. Air tersebut kemudian disalurkan melalui pipa-pipa besi. Sanitasi dari bangunan inipun sudah dirancang baik dengan mengalirkannya langsung ke Kali Pepe yang berada didekatnya. Pada tahun 2007 bangunan Ponten sempat dipugar oleh KRT H. Kistuboko. Kini bangunan Ponten masuk dalam jajaran Bangunan Cagar Budaya (BCB) Kota Solo yang harus dilestarikan.

Source http://indonesiaheritagegallery.blogspot.com http://indonesiaheritagegallery.blogspot.com/2015/11/solo-ponten-adalah-nama-sebuah-bangunan.html
Comments
Loading...