Pondok Pesantren Nurul Islam Sumenep

0 81

Pondok Pesantren Nurul Islam

Pondok Pesantren Nurul Islam didirikan pada tahun 1963 M oleh KH. Sirajuddin di tengah-tengah desa Karangcempaka dan ada sebagian tanah waqaf 1 hektar yang sekarang di persiapkan untuk pengembangan Pondok Pesantren ke depan.

Periode ini Pondok Pesantren masih membentuk salaf, kemudian tahun 1967 M, kepengasuhan dilanjutkan oleh putra sulungnya al-mukarram KH. Hamdi Siraj, MA. Pada periode ini Pondok Pesantren sudah mengalami perkembangan yang berbentuk Madrasah Ibtidaiyah, MTS Nurul Islam. Di usia 37 beliau wafat dan diganti kepengasuhan Pondok PesantrenNurul Islam karangcempaka kepada KH. Ramdlan Siraj, SE, MM. (1988) sampai pada tahun (1999).

Pada periode ini terbentuklah madrasah Aliyah Nurul Islam. Kemudian diangkatlah Plt. karena pada waktu itu pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam dipilih menjadi Bupati Kabupaten Sumenep selama dua periode. Yang di tunjuk Plt. Pengasuh pada waktu itu adalah adik dari KH. Ramdlan Siraj yitu KH. Ilyasi siraj, SH, M. Ag sampai sekarang.

Pada periode ini KH. Iliyasi Siraj membentuk Unit baru dengan Nama P3NI (Pengurus Pondok Pessantren Nurul Islam) sebagai pelaksana teknis kepengasuhan Pondok Pesantren Nurul Islam yang semuanya berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Nurul Islam. Ide ini muncul karena pada tahun 2004 M . Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam KH. Ramdlan Siraj Menjadi Bupati dan KH. Ilyasi Siraj terpilih menjadi DPR RI, sehingga pelaksana teknis kepengasuhan diberikan kepada lembaga P3NI (Pengurus Pondok Pessantren Nurul Islam).

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/54033/pesantren-nurul-islam-sumenep.html
Comments
Loading...