Pondok Pesantren Darun Nasyiin Kubu Raya

0 106

Pondok Pesantren Darun Nasyiin

Pondok Pesantren Darun Nasyiin berawal dari Musolla yang berdomisili di Dusun Sui Pelaik Desa Simpang Kanan Kecamatan Sui Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, jarak tempuh dari Kota Kecamatan 30 KM, Kota Kabupaten 90 KM sedangkan dari Kota Provinsi 35 KM. Pondok   Pesantren Darun Nasyiin  di dirikan oleh K.H Abdus Syakur pada tahun 1976. Atas dukungan Masyarakat sekitar yang di pandang perlu adanya Lembaga Pendidikan Islam yaitu Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Darun Nasyiin merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam, tempat mendidik pemuda – pemudi islam belajar ilmu agama Tafaqquh Fi Al diin (pelajaran pokok) dan ilmu pengetahuan umum (sebagai pelengkap)

Meski kegiatan telah berjalan, namun pimpinan pesantren terus melakukan pembaharuan. Itu di tempuh untuk merealisasikan gagasan menelurkan generasi dzurriyatan thoyyibah, suatu generasi yang memliki aqidah, akhlaq, dan wawasan keilmuan. Untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Darun Nasyiin membuka madrasah yang memadukan system pondok pesantren dengan sekolah modern yang berijazah negri. Adapun maksud dan tujuan:
1. Membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada allah SWT.
2. Mendidik generasi yang bertanggung jawab dan berakhlakul karimah dalam melaksanakan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah Shalallahu’alahi wa Sallam.
3. Mempersiapkan generasi terbaik agar dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemaslahatan umat manusia.
Dan juga kegiatan Eksra Kurikuler yang berkaitan dengan dunia pendidikan serta kegiatan kemasyarakatan. Selain dari kegiatan program yang ada kami merekrut santri dari berbagai Daerah, Desa, Kecamatan, Kabupaten dan dari Kota Provinsi juga Mondok kepesantren Tersebut. Sampai saat ini santri yag mukim di Pondok  Pesantren kurang lebih 540  Setelah beberapa tahun kemudian Pondok Pesantren di asuh oleh KH. Abdus Syakur kurang lebih 20 tahun lamanya, beliau wafat  dan di lanjutkan oleh menantunya yang pertama yaitu KH. Abdul Hamid Sasmito hingga saat ini.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/40230/pesantren-darun-nasyiin-kubu-raya.html
Comments
Loading...