Pondok pesantren Al_Musthofawiyah Tuban

0 65

Pondok pesantren Al_Musthofawiyah

Pondok pesantren Al_Musthofawiyah terletak di desa palang, rt 01/04 kecamatan palang kabupaten tuban. Delapan kilo meter arah timur dari kota tuban. Satu kilo meter dari bibir pantai utara. Pondok ini dirintis oleh K. Musthofa kira-kira tahun 1900-an. Meneruskan dan mengembangkan pondok pesantren milik mertua beliau K. Imam Fadlil (salah satu putra R. Kakar Manik / Tundung Mungsuh) atau yang dikenal dengan nama K. Imam Puro yang terletak di desa Gesik harjo (sekarang kira-kira sebelah selatan pasar desa palang), tapi sayang pondok milik K. Imam Fadlil sekarang tinggal petilasannya saja, sehingga tinggal pondok pesantren Al Musthofawiyah sebagai penerus perjuangan K. Imam Fadlil gesik harjo.

Pondok pesantren Al Musthofawiyah sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Bahkan para pengasuh pondok pesantren Al Musthofawiyah ikut berjuang pada masa revolusi. Sehingga bisa di katakan pesantren ini termasuk pesantren tertua di daerah palang, dan salah satu di wilayah kabupaten tuban. Pondok pesantren Al Musthofawiyah termasuk pesantren kategori salaf modern, yang mana didalamnya di ajarkan kitab-kitab salaf ahlussunah wal jamaah, yg mana hal tersebut umum menjadi salah satu cirihas dari pengajaran yang ada di pondok pesantren. Tetapi pondok pesantren al musthofawiyah juga tidak menutup diri dari pengajaran tentang pengetahuan umum, sehingga pada tahun 1947 sudah berdiri lembaga Madrasah Ibtidaiyah, yang mana menjadi salah satu lembaga tertua yang berdiri di pondok pesantren al musthofawiyah, bahkan di daerah palang, dan sekarang sudah berdiri pula lembaga- lembaga yang lain mulai dari PAUD, RA, MTS, sampai MA.

Dengan masih mempertahankan cirihas kepesantrenannya. Bisa dikatakan bahwa rata-rata ahli agama di daerah palang adalah alumni dari pondok pesantren Al Musthofawiyah, inilah bukti begitu besar peran Pondok Pesantren Al Musyhofawiyah pada masyarakat wilayah palang, dan tuban secara umumnya.bahkan sampai kewilayah Kabupaten Lamongan.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/32861/pesantren-al-musthofawiyah-tuban.html
Comments
Loading...