Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru

0 66

Pondok Pesantren Al Falah

Pondok Pesantren Al Falah didirikan pada tanggal 26 Juli 1975 Miladiyah atau bertepatan dengan 06 Rajab 1395 Hijriyah. Pondok Pesantren Al Falah terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelometer 23.500, RT. 006 RW. 002 Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dengan letak yang cukup strategis dan berada di Jalan Protokol, berjarak 23 kelometer dari Banjarmasin Ibukota Propensi Kalimantan Selatan, 2 kilometer dari Bandara Samsuddin Noor serta 13 kelometer dari kota Banjarbaru.

Pendirian Pondok Pesantren Al Falah diprakarsai oleh K.H. Muhammad Tsani yang dikenal dengan guru Tsani. Beliau adalah seorang ulama dan mubaliq, juga dikenal sebagai seorang pejuang yang tidak asing lagi di Kalimantan Selatan bahkan hingga ke pulau Jawa, Sumatera dan Malaysia.

K.H. Muhammad Tsani adalah seorang muballig atau sebagai guru agama yang memimpin majlis ta’lim baik di masjid, mushalla, langgar dan di rumah-rumah warga. Beliau sangat terkenal di Banjarmasin, khususnya di daerah Pasar Lama, di daerah beliau berdomisili. Beliau jaga dikenal oleh para pedagang, khususnya masyarakat alabio sebagai tuan guru mereka. Beliau juga terkenal dermawan sehingga pada bulan puasa beliau suka sekali menjamu berbuka puasa di langgar beliau.

K.H. Muhammad Tsani dalam perjuangannya dibidang pendidikan tercatat cukup dekat dengan Dr.K.H. Icdham Chalid ketika beliau berada di Jakarta. Beliau dipercaya oleh Dr. K.H. Icdham Chalid untuk membangun sebuah madrasah yang diberi nama dengan Darul Ma’arif. Setelah pembangunan madrasah selesai, beliau ditawari oleh Dr.K.H. Icdham Chalid untuk memimpin madrasah tersebut, namun tawaran tersebut ditolak beliau dengan halus. Beliau mengatakan bahwa masyarakat Kalimantan Selatan masih mendapat perhatian beliau.

K.H. Muhammad Tsani terkenal sangat cerdas dalam menganalisa terhadap nilai-nilai pendidikan di suatu daerah. Beliau berpendapat bahwa masyarakat Kalimantan masih tertinggal jauh dalam bidang pendidikan dibading dengan daerah-daerah lainnya. Dari sinilah cikal bakal atau embrio yang kemudian menjelma hingga melahirkan Pondok Pesantren Al Falah.

Selain K.H. Muhammad Tsani tercatat beberapa orang yang seperjuangan dengan beliau saling bahu membahu dalam membesarkan Pondok Pesantren Al Falah. Dibidang keuangan pada waktu itu adalah H. Uriansyah (alm.), beliau ini terkenal sebagai pedagang besar di kota Banjarmasin. Dibidang manajemen dan pendidikan adalah K.H. Mujtaba Ismail, MA, beliau adalah alumnus S 2 dari Universitas Ummul Qura’ Mekkah Saudi Arabia, beliau ini juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Yayasan.

Nama “Al Falah” sendiri diambil dari lafadz azan yaitu “hayya a’lal falah” yang bermakna “marilah menuju kepada keberuntungan”. Maka dengan kata ini merupakan do’a dari para pendiri semoga orang-orang yang berada di dalamnya dan mereka yang menimba ilmu di Pondok Pesantren Al Falah selalu mendapat keberuntungan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/61522/pesantren-al-falah-banjarbaru-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...