Pompa Angguk Sanga-sanga Kalimantan Timur

0 114

Lokasi Pompa Angguk Sanga-sanga

Pompa Angguk Sanga-sanga terletak di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pompa Angguk Sanga-sanga

Pompa angguk ini terbuat dari kayu ulin berdiameter 30 cm dan telah masuk dalam daftar inventaris cagar budaya yang dilakukan oleh BPCB Samarinda tahun 2010. Pompa angguk dihidupkan dengan tenaga gas dari sumurnya sendiri yang memutar mesin untuk mendapatkan gaya, guna membuat tangkainya mengangguk. Prinsip kerja pompa ini seperti vakum penyedot untuk menyedot minyak dari perut bumi dengan kedalaman lebih dari 1 km ke dalam tanah. Pada tahun 40-an, pompa ini dapat mengeluarkan hingga 560 barrel minyak per hari.

Jauh sebelum keberadaan pertambangan minyak bumi, daerah Sanga-Sanga telah lama dikenal seperti telah dituturkan dalam naskah Salasilah Kutai dengan sebutan Sanga Sangan. Dengan demikian, daerah ini lelah dikenal sekitar abad ke-13 M, ketika masa pemerintahan Barata Agung Dewa Sakti (Adham,1981). Data lain yang mengarah pada sejarah Sanga-Sanga modern, daerah ini sangat terkait dengan kekayaan minyak buminya. Nama Sanga-Sanga mulai diberitakan di media ekonomi Eropa sejak ditandatangani perjanjian antara Belanda dan Kerajaan Kutai Kartanegara yang berlangsung pada tanggal 19 Oktober 1850.

Tahun 1897 Sanga-Sanga mulai dikenal karena kekayaan minyak buminya, bahkan dapat dianggap lumbung minyak bumi yang kandungannya tidak kalah dengan daerah lain. Hal ini dapat tergambar pada kedalaman sumur minyaknya yang bervariasi, mulai dari kedalaman 47 meter hingga sumur yang paling dalam mencapai 1.200 meter. Dari hasil produksi yang melimpah, sumur-sumur minyak di Sanga-Sanga tidak berhenti beroprasi hingga saat ini meski telah mengalami pergantian pengelolaan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2016/07/pompa-angguk-sanga-sanga/
Comments
Loading...