Pillbox Perikanan Kep. Mentawai

0 12

Pillbox Perikanan

Tidak berbeda dengan fungsi Pillbox yang lain, Pillbox perikanan ini diperkirakan dibangun pada masa perang dunia (sekitar 1941- 1945). Pillbox dibangun dengan tujuan mempertahankan garis pantai dari serangan musuh. Pillbox terletak di dekat selat sekitar 12 meter dari tepi perairan di dalam kompleks lahan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Sikakap. Pillbox ini terbuat dari beton berwarna abuabu, berbentuk segi 7 tidak simetris dengan satu buah pintu masuk yang berada di sisi utara. Kondisi Pillbox sudah terpendam dalam tanah, sehingga lubang pengintai tidak terlihat lagi.

Tinggi Pillbox tidak diketahui karena terpendam tanah, diameter ratarata 500 cm. Tebal Pillbox berkisar antara 40 cm – 50 cm. Ada sebuah ruangan dalam Pillbox ini yang memungkinkan orang masuk ke dalamnya. Permukaan Pillbox relataif datar. Teknik pengerjaan Pillbox diperkirakan dengan sistem mengecor lapis demi lapis yang terlihat dari garis-garis lapisan pada sisi luar Pillbox. Finishing permukaan Pillbox dibiarkan begitu saja, tanpa penghalusan maupun pemelesteran kembali. Dari segi fungsi, diperkirakan Pillbox ini berfungsi untuk mengamankan selat Pagai, yang indikasinya pintu masuk mengarah ke daratan. Kondisi eksisting sekarang ini selain terpendam tanah, Pillbox juga dikelilingi oleh kapal-kapal yang diparkir di sekitarnya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Mentawai.pdf
Comments
Loading...