Pillbox Nem-nem II Kep. Mentawai

0 37

Pillbox Nem-nem II

Digunakan dalam rangka pertahanan terluar bagi Jepang, perkiraan pemakaian Pillbox ini sekitar tahun 1941-1945. Pillbox ini terbuat dari beton berwarna abu-abu, berbentuk persegi panjang dengan satu buah pintu masuk yang berada di sisi utara. Bentuk Pillbox mengikuti kontur lereng, yaitu melandai dengan bagian belakang yang ke arah lereng lebih tinggi daripada bagian depan atau yang mengarah ke jalan. Pada sisi barat dan timur terdapat lubang-lubang pengintai yang ukurannya lebih kecil dari pintu masuk. Tebal Pillbox bervariasi dari 40 cm – 75 cm, tingginya 120 cm, dan diameter Pillbox 5 m. Ada sebuah ruangan dalam Pillbox ini yang memungkinkan orang masuk ke dalamnya.

Pada permukaan Pillbox terdapat lubang dengan diameter 20 cm kedalaman 50 cm, yang letaknya di bagian ujungujung diagonal. Letak Pillbox ini di tepi jalan desa Nemnem. Kondisi eksisting saat ini di bagian depan Pillbox terdapat saluran air dan di sebelah timurnya terdapat pohon ambacang yang cukup besar. Teknik pengerjaan Pillbox diperkirakan dengan sistem mengecor lapis demi lapis yang terlihat dari garis-garis lapisan pada sisi luar Pillbox. Finishing permukaan Pillbox dibiarkan begitu saja, tanpa penghalusan maupun pemelesteran kembali. Dari segi fungsi, diperkirakan Pillbox ini berfungsi untuk mengamankan selat Pagai, yang indikasinya lubang tempat laras senapan mengarah ke arah selat, sedangkan pintu masuk mengarah ke daratan. Kondisi saat ini Pillbox sudah tertutup oleh semak dan tidak terurus dengan baik.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Mentawai.pdf
Comments
Loading...