Pillbox Masabu I Kep. Mentawai

0 11

Pillbox Masabu I

Bangunan ini berada di dinding bukit Masabu. Dari lokasi kelihatan jelas arus lalu-lintas di Selat Pagai. Dengan demikian, kuat dugaan bahwa Pillbox ini dibangun untuk kepentingan pertahanan Jepang pada masa perang dunia II. Pillbox ini terbuat dari beton berwarna abu-abu, berbentuk simetris tidak beraturan. Pada dasarnya ada 2 bentuk bangunan, tipikal pertama merupakan bangunan terbuka, bangunan kedua melekat dengan bangunan terbuka tersebut. Untuk masuk ke bangunan kedua berupa ruang tertutup, harus melewati bangunan pertama.

Pada sisi timur bangunan tertutup, terdapat satu pintu masuk. Sama dengan Pillbox lain yang berada di kawasan Selat Pagai, pada sisi yang mengarah ke selat terdapat lubang pengintai. Tebal Pillbox berkisar antara 40 cm – 75 cm, tinggi (Pillbox tertutup) 250 cm. Teknik pengerjaan Pillbox diperkirakan dengan sistem mengecor lapis demi lapis. Kondisi eksisting Pillbox pada saat ini ditumbuhi belukar. Dari segi fungsi, diperkirakan Pillbox ini berfungsi untuk mengamankan selat Pagai, yang indikasinya lubang tempat laras senapan mengarah ke arah selat, sedangkan pintu masuk mengarah ke timur (perbukitan).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Mentawai.pdf
Comments
Loading...