Pillbox Jepang Pauh Pariaman

0 206

Pillbox Jepang Pauh

Pillbox Jepang Pauh merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II. Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Pillbox terbuat dari bahan semen campuran kerikil yang sangat kuat dan kokoh dengan ketebalan 0,31 m. Benteng ini terletak di pinggir jalan raya (depan rumah makan Labuh Raya Pauh. Pillbox berbentuk segi enam dengan sisi yang bervariasi antara 0,59 m s.d. 1,83 m. Pada pillbox yang berorientasi arah barat ini terdapat 3 buah lubang tembak dan 1 spy holl/lubang intai. Lubang tembak ini berbentuk persegi panjang seperti corong dimana semakin ke dalam, lubangnya semakin mengecil.

Ukuran rata-rata lubang tembak ini adalah: sisi luar panjang 1,03 m dan lebar 0,25, bagian dalam panjang 0,89 m dan lebar 0,19 m. Lubang tembak ini menghadap arah sisi timur, utara dan selatan. Sedangkan lubang intai yang terdapat disisi barat ini memiliki bentuk yang relatif sama namun ukuran berbeda. Lubang intai berukuran panjang 0,23 m x 0,21 m. Sedangkan pintu masuk pada Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau Tahun 2018 bangunan ini berada di sisi timur dengan ukuran panjang 0,81 m dan lebar 0,48 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...