Pillbox Jepang Cimparuah IV Pariaman

0 8

Pillbox Jepang Cimparuah IV

Pillbox Jepang Cimparuah merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II. Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu. Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau Tahun 2018.

Pilbok Subarang 2 berjarak sekitar 283 meter arah ketimur dari Bungker Subarang 1. bungker ini memiliki bentuk dasar persegi dan pada sebagian besar bagian atasnya terbuka tanpa atap, tetapi ada dua buah sudut yang memiliki atap yaitu yang terletak di sisi barat dan di sisi timur. Pillbox subarang 2 ini merupakan gabungan antara tembok pertahanan dengan Pillbox. Pillbox ini memiliki ukuran 11 x 8,45 meter. Pillbox Subarang 2 ini berada dalam lingkungan pemukiman masyarakat tepatnya disamping rumah penduduk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...