Pillbox Belakang PLTD Kep. Mentawai

0 11

Pillbox Belakang PLTD

Perkiraan dibangun pada rentang 1941-1945, digunakan sebagai lubang intai musuh yang datang arah Selat Pagai. Pillbox terletak di belakang bangunan PLTD Sikakap di dalam kompleks lahan milik PLTD Kecamatan Sikakap. Pillbox ini terbuat dari beton berwarna abu-abu, berbentuk silinder dengan satu buah pintu masuk yang berada di sisi utara. Pada bagian pintu masuk dilengkapi semacam penampil membentuk lorong pendek 80 cm. Kondisi Pillbox sangat mepet dengan dinding bagian belakang PLTD sehingga lubang pengintai hanya satu buah yang dapat dilihat pada sisi barat daya, sedangkan pada sisi tenggara tidak dapat dilihat karena terletak di bawah knalpot PLTD.

Tinggi Pillbox 200 cm, diameter rata 500 cm. Tebal Pillbox berkisar antara 40 cm – 50 cm. Ada sebuah ruangan dalam Pillbox ini yang memungkinkan orang masuk ke dalamnya. Permukaan Pillbox relatif datar. Teknik pengerjaan Pillbox diperkirakan dengan sistem mengecor lapis demi lapis yang terlihat dari garis-garis lapisan pada sisi luar Pillbox. Finishing permukaan Pillbox dibiarkan begitu saja, tanpa penghalusan maupun pemelesteran kembali. Dari segi fungsi, diperkirakan Pillbox ini berfungsi untuk mengamankan selat Pagai, yang indikasinya pintu masuk mengarah ke daratan. Kondisi eksisting sekarang ini, di bagian atas Pillbox dipakai untuk tempat mendirikan antene orari.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Mentawai.pdf
Comments
Loading...